Pengembangan dan Kelayakan Perangkat Pembelajaran PPKn Tema 8 Subtema 1 Materi Keragaman Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu
Nur Basita, 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran PPKn Tema 8 Subtema 1 Materi Keragaman Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu. Pembimbing I Drs. H. La Djangka, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Warsinah, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci : Pengembangan Perangkat Pembelajaran PPKn, Keragaman, Model Pembelajaran Promblem Based Learning
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang antusias dalam pembelajaran, belum menampakkan sikap kerja sama dalam kelompok dan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV khususnya pada mata pelajaran PPKn materi keragaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengembangan dan kelayakan perangkat pembelajaran PPKn materi keragaman dengan meggunakan model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan perangkat pembelajaran PPKn materi keragaman dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D).Subjek penelitian adalah ahli pembelajaran dan ahli media. Objek penelitian adalah perangkat pembelajaran PPKn materi keragaman dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket validasi.Teknis analisis data menggunakan rata-rata dan presentase.
Hasil penelitian menunjukkan hasil uji kelayakan silabus termasuk dalam kriteria “sangat layak” dengan rata-rata skor keseluruhan 4,3 dan presentase kelayakan sebesar 87,27%. Hasil uji kelayakan RPP termasuk dalam kriteria penilaian “sangat layak” dengan rata-rata skor keseluruhan 4,3 dan presentase kelayakan sebesar 85,33%. Hasil uji kelayakan alat evaluasi termasuk dalam kriteria penilaian “sangat layak” dengan rata-rata skor keseluruhan 4,3 dan presentase kelayakan sebesar 86%. Hasil uji kelayakan materi termasuk dalam kriteria penilaian “layak” dengan rata-rata skor keseluruhan 4,1 dan presentase kelayakan sebesar 83,33%. Hasil uji kelayakan media termasuk dalam kriteria penilaian “layak” dengan rata-rata skor keseluruhan 4,1 dan presentase kelayakan sebesar 82,22%. Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran PPKn materi keragaman dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan dan Kelayakan Perangkat Pembelajaran PPKn Tema 8 Subtema 1 Materi Keragaman Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu |
---|---|
Pengarang | Nur Basita - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2021 |
Subyek | Pengembangan Perangkat Pembelajaran PPKn Keragaman Model Pembelajaran Promblem Based Learning |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY