Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Wujud Benda pada Tema 7 Subtema 1 dengan Media Video Interaktif dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas V SD Negeri 025 Tenggarong Seberang Tahun Pembelajaran 2020/2021
LINDA ASFIYAH. 2021, Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Wujud Benda pada Tema 7 Subtema 1 dengan Media Video Interaktif dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas V SD Negeri 025 Tenggarong Seberang Tahun Pembelajaran 2020/2021
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, kalor, media video interaktif, pembelajaran daring.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA tentang pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda yang diperoleh siswa kelas V SD Negeri 025 Tenggarong Seberang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA tentang pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda pada tema 7 subtema 1 dengan media video interaktif dalam pembelajaran daring pada siswa kelas V SD Negeri 025 Tenggarong Seberang Tahun Pembelajaran 2020/2021?. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda pada tema 7 subtema 1 dengan media video interaktif dalam pembelajaran daring pada siswa kelas V SD Negeri 025 Tenggarong Seberang Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindaka kelas (PTK) terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 06 April 2021 s/d 08 Mei 2021 di SD Negeri 025 Tenggarong Seberang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 33 siswa dan objek penelitian adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang kalor dengan media video interaktif dengan media video interaktif. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah nilai rata-rata, persentase, dan diagram.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus memperoleh rata-rata kelas sebesar 61,96 dengan persentase ketuntasan 24,24%. Hasil belajar siklus I mengalami peningkatan sebesar 10,46% dari tahap pra siklus, dengan rata-rata kelas sebesar 68,45 dengan presentase sebesar 68,45%. Hasil belajar siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,05% dari tahap pra siklus, dengan rata-rata kelas sebesar 75,01 dengan presentase sebesar 66,66%. Hasil belajar siklus III mengalami peningkatan sebesar 26,72% dari tahap pra siklus, dengan rata-rata kelas sebesar 78,53 dengan presentase sebesar 84,85%. Indikator keberhasilan yang ditentukan sebesar 75% tercapai. Kesimpulannya adalah terjadi peningkatan hasil belajar IPA tentang pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda pada tema 7 subtema 1 dengan media video interaktif dalam pembelajaran daring pada siswa kelas V SD Negeri 025 Tenggarong Seberang Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Wujud Benda pada Tema 7 Subtema 1 dengan Media Video Interaktif dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas V SD Negeri 025 Tenggarong Seberang Tahun Pembelajaran 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | LINDA ASFIYAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI LIN p 2021 |
Subyek | Hasil Belajar IPA, kalor media video interaktif, pembelajaran daring |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY