Detail Cantuman Kembali
Elsania Auliani - Personal Name

PENGARUH KONSEP DIRI POSITIF TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DI UNIVERSITAS MULAWARMAN

Faktanya dalam dunia kerja masih ada guru yang tidak profesional dalam bekerja, karena banyaknya individu yang memilih profesi guru tetapi tidak berdasarkan minat dan kemampuan yang ada pada dirinya. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu adanya penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh konsep diri positif terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 di Universitas Mulawarman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana konsep diri positif yang dimiliki oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 di Universitas Mulawarman, untuk menjelaskan bagaimana minat berkarir mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 di Universitas Mulawarman untuk menjadi guru, serta menjelaskan bagaaimana pengaruh konsep diri positif terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 di Universitas Mulawarman.
Untuk mencapai tujuan penelitian diatas, penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 73 responden. Penulis juga menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan angket/kuisioner. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2015 memiliki konsep diri positif yang sangat tinggi dengan persentase 50,7%. Hasil penelitian juga menunjukkan sebagian besar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2015 memiliki minat menjadi guru yang sangat tinggi dengan persentase 46,6%. Dari uji regresi linier sederhana diperoleh hasil Y= 0,377 + 0,664. Nilai konstanta menunjukkan angka 0,377 artinya jika variabel konsep diri positif memiliki nilai 0 maka nilai variabel hasil minat menjadi guru 0,377. Sedangkan koefisien regresi adalah 0,664 yang menyatakan adanya pengaruh positif terhadap konsep diri positif. Dimana setiap ada penambahan variabel X sebesar satu satuan maka akan menambah variabel Y sebesar 0,664. Dalam variabel X ada pengaruh posotif antara konsep diri positif dengan minat menjadi guru. Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh konsep diri positif terhadap minat menjadi guru memiliki pengaruh yang cukup tinggi yakni sebesar 66,7%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KONSEP DIRI POSITIF TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DI UNIVERSITAS MULAWARMAN
Pengarang Elsania Auliani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ELS p 2021
Subyek Konsep Diri Positif, Minat Menjadi Guru
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Ekonomi Peminatan Akuntansi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua