Detail Cantuman Kembali

Pengelolaan Persediaan Produk Semen Kemasan 50 Kg Menggunakan Metode Economic Order Quantity (Studi Kasus: Gudang Chi Chi Jaya)

PT. Chi Chi Jaya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan barang dan jasa pengiriman, khususnya untuk keperluan bahan bangunan. Dalam memenuhi kebutuhan semen, PT. Chi Chi Jaya memiliki gudang yang digunakan untuk melakukan penyimpanan yang dikelola oleh PT. Jakarta Anugerah Semesta yang tergabung dalam Chi Chi Jaya Group. Permasalahan yang dihadapi oleh Gudang Chi Chi Jaya adalah tingginya permintaan produk Semen Conch 50 kg tanpa diimbangi pengelolaan persediaan yang baik sehingga perusahaan kerap mengalami kekurangan maupun kelebihan persediaan di mana hal tersebut dapat meningkatkan biaya persediaan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu perencanaan dan pengelolaan persediaan yang baik sehingga biaya yang dikeluarkan pun lebih optimal. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Economic Order Quantity dengan memperhitungkan safety stock dan reorder point untuk menghindari ketidakpastian permintaan. Sebelum dilakukan perhitungan model persediaan, dilakukan peramalan dengan metode Single Exponential Smoothing (SES), exponential smoothing with trend, moving average, dan regresi linier untuk mengetahui kebutuhan Semen Conch 50 kg di masa mendatang. Berdasarkan hasil kesalahan peramalan terkecil, diperoleh metode Moving Average 6 sebagai metode terpilih dengan MAD 4.712,852, MSE 37.283.346,809, dan MAPE 15,502%. Berdasarkan hasil perhitungan model EOQ, diperoleh kuantitas pesanan optimal sebanyak 1.868 sak, safety stock 185 sak, dan reorder point 1.320 sak. Selain itu, dilakukan pula teknik lot sizing dengan metode Economic Order Quantity (EOQ), Lot for Lot (LFL), Periodic Order Quantity (POQ), dan Silver Meal Berdasarkan hasil perhitungan, teknik lot sizing yang memberikan total biaya minimum adalah metode LFL dengan total biaya sebesar Rp1.430.406,61 dan penghematan mencapai 77,04%, kemudian diikuti oleh metode EOQ dengan total biaya sebesar sebesar Rp1.918.668,55 dan penghematan mencapai 69,21%, dan metode POQ serta Silver Meal dengan total biaya sebesar Rp2.106.571,61 dan penghematan mencapai 66,19%. Kata Kunci : Pengelolaan Persediaan, EOQ, LFL, POQ, Silver Meal.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengelolaan Persediaan Produk Semen Kemasan 50 Kg Menggunakan Metode Economic Order Quantity (Studi Kasus: Gudang Chi Chi Jaya)
Pengarang Annisa Sherina Rahmadhani Hasibuan - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANN p 2021
Subyek Pengelolaan Persediaan, EOQ, LFL, POQ, Silver Meal
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Industri
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua