Detail Cantuman Kembali
Salman - Personal Name

PENGARUH SUHU DAN WAKTU PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK KIMIA YOGHURT CHIPS DURIAN (Durio zibethinus)

SALMAN. Pengaruh suhu dan waktu pengeringan terhadap karakteristik kimia yoghurt chips durian (Durio zibethinus). Fakultas pertanian universitas mulawarman, 2021. (dibawah bimbingan Aswita Emmawati dan Maulida Rachmawati).
Yoghurt adalah salah satu produk susu yang diproduksi melalui proses fermentasi yang mempunyai tekstur semi padat dengan cita rasa khas dan segar. Namun yoghurt ini sulit untuk dinikmati atau dikonsumsi setiap saat oleh konsumen karena harus disimpan disuhu yang dingin. Oleh karena itu dibuatlah dalam bentuk olahan kering yaitu yoghurt chips. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh suhu dan waktu pengeringan terhadap sifat kimia dan sifat kimia terbaik dari yoghurt chips durian.
Penelitian ini menggunakan dua faktor dan tiga kali ulangan. Faktor pertama yaitu suhu pengeringan dengan tiga taraf yang berbeda dan faktor kedua yaitu waktu pengeringan dengan tiga taraf yang berbeda. Suhu yang digunakan yaitu 70°C, 80°C dan 90°C, dan waktu yang digunakan yaitu 9 jam, 12 jam dan 15 jam. Pengujian untuk setiap sampel ada tujuh yaitu uji kadar air, uji kadar abu, uji kadar lemak, uji kadar protein, uji kadar karbohidrat, uji total energi dan uji serat kasar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan sidik ragam. Untuk hasil sidik ragam yang menunjukkan perbedaan nyata dilakukan uji lanjut Beda Nyata Terkecil (BNT) dengan taraf α-5 %.
Penelitian ini menunjukkan bahwa suhu dan waktu pengeringan berpengaruh nyata terhadap karakteristik kimia yoghurt chips durian yang dihasilkan. Yoghurt chips durian memiliki kadar air yang berkisar antara 9.07 - 38.05%, kadar abu 1.09 - 1.95%, kadar lemak 3.08 - 3.94%, kadar protein 3.15 - 8.12%, karbohidrat by dfifference 48.80 - 82.75%, total kalori 255.38 - 379.06 Kkal dan serat kasar 3.56 - 5.86%. Dari hasil analisis kimia yoghurt chips durian, perlakuan terbaik yaitu pada perlakuan S2W2 (suhu 80°C dan lama pengeringan 12 jam) dengan kadar air 24.52%, kadar abu 1.28%, kadar lemak 3.48%, protein 4.95%, karbohidrat 65.76%, kalori 314.20 Kkal dan serat kasar 4.46%.
Kata kunci: yoghurt, durian, yoghurt durian, yoghurt chips

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH SUHU DAN WAKTU PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK KIMIA YOGHURT CHIPS DURIAN (Durio zibethinus)
Pengarang Salman - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SAL p 2021
Subyek yoghurt, durian, yoghurt durian, yoghurt chips
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua