Detail Cantuman Kembali
Nur Khaeriyatih - Personal Name

Kompetensi Guru PPKn dalam Penggunaan Media Pembelajaran Daring di SMP Negeri 22 Samarinda

Nur Khaeriyatih, Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Mulawarman. Kompetensi guru PPKn dalam penggunaan media pembelajaran di SMP Negeri 22 Samarinda. Bapak Dr. Jawatir Pardosi, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Novita Majid, M.Pd selaku pembimbing II.
Tujuan Penelitian adalah untuk menegetahui kompetensi guru dalam penggunaan media daring di SMP Negeri 22 Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriftif kualitatif yang berfokus pada kompetensi guru PPKn dalam penggunaan media pembelajaran daring di SMP Negeri 22 Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2021 samapai dengan Mei 2021. Teknik pelaksanaan penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang dihasilkan yaitu sumber data primer dari 12 orang. Sedangkan analisis data berkaitan dengan pengumpulan data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam penggunaan media pembelajaran daring memiliki kompetensi yang baik dalam penggunaan media classroom dan whattsapp. Guru PPKn mampu mengelola pembelajaran daring menggunakan media dengan mempersiapkan langkah-langkah yang tersusun dengan baik. Tetapi pada dasarnya guru PPKn hanya menggunakan kedua media tersebut karena keterbatasan dalam mengelola media pembelajaran lainnya, dengan dibuktikannya di SMP Negeri 22 Samarinda memilik sebagian guru yang berusia 50-60 tahun yang menyebabkan kurangnya minat dalam mempelajari lebih lanjut mengenai tekologi dan informatika. Guru dan siswa terkendala akan fasilitas sarana dan prasarana dalam menunjang pembelajaran daring. Sekolah hanya melakukan sekali pelatihan pengelolaan media pembelajaran daring kepada guru di SMP Negeri 22 sedangkan siswa terkendala dengan fasilitas seperti handphone yang tidak memadai, jaringan, dan kuota belajar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kompetensi Guru PPKn dalam Penggunaan Media Pembelajaran Daring di SMP Negeri 22 Samarinda
Pengarang Nur Khaeriyatih - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR k 2021
Subyek Profesionalisme, kepribadian, pedagogik
kompetensi sosial
guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua