Detail Cantuman Kembali
Abi Wahyu Riyansyah - Personal Name

PENAMBAHAN BIOIMUN® DALAM FORMULASI PAKAN UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS IKAN MAS (Cyprinus carpio L) TERHADAP INFEKSI BAKTERI Aeromonas hydrophila dan Pseudomonas sp.

Abi Wahyu Riyansyah, 2021. Penambahan BIOIMUN® dalam formulasi pakan untuk meningkatkan imunitas ikan mas (Cyprinus carpio L) terhadap infeksi bakteri Aeromonas hydrophila dan Pseudomonas sp. (Dibimbing oleh Esti Handayani Hardi dan Sulistyawati).
Penambahan ekstrak tanaman dalam pakan ikan merupakan cara untuk dapat meningkatkan imunitas ikan terhadap infeksi bakteri. BIOIMUN® merupakan bahan yang memiliki bahan aktif yang bersifat antibakteri, sehingga dapat ditambahkan dalam pakan ikan, agar ikan dapat meningkat imunitasnya terhadap serangan penyakit akibat bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji imunitas ikan berdasarkan tingkat kelangsungan hidup, patologi anatomi ikan, gejala klinis dan gambaran darah ikan mas (Cyprinus carpio L) yang diuji tantang dengan bakteri A. hydrophila dan Pseudomonas sp. Ikan yang digunakan adalah ikan mas ukuran 21±1,9 g, Formulasi pakan dibuat dengan menambahkan BIOIMUN® sebanyak P0 (0 mL), P1(1 mL) P2 (1,5 mL) P3 (2 mL) dalam setiap 1kg formulasi pakan. Pakan diberikan selama 28 hari, pada hari ke 30 ikan diinfeksi dengan bakteri A. hydrophila dan Pseudomonas sp. melalui injeksi intramuscular sebanyak 0,1ml/ekor selanjutnya ikan dipelihara hingga hari ke 58. Pengamatan kelangsungan hidup dan gambaran darah diamati setiap minggu sedangkan pengamatan gejala klinis dan patalogi anatomi diamati setiap hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan BIOIMUN® dalam pakan mampu meningkatkan kelangsungan hidup ikan mas yaitu pada P1 dan P2 dengan nilai 100%. Gambaran darah ikan mas mengalami peningkatan yaitu Total eritrosit pada P1 dengan nilai 7,08x105sel/mm3 . Gejala klinis ikan mas pada P1, P2, dan P3 menunjukkan nafsu makan yang normal, tingkah laku berenang yang normal, dan gerak refleks yang normal dan patologi anatomi luar serta dalam menunjukkan mata, sirip, insang, gelembung renang, dan hati dalam kondisi normal. Sedangkan P0 mengalami luka dan melunaknya organ dalam. Kualitas air ikan mas yang diberi pakan penambahan BIOIMUN® dan diinfeksi bakteri A. hydrophila dan Pseudomonas sp. selama penelitian berada pada keadaan normal. Penambahan BIOIMUN® 1 – 1,5 mL/kg pakan mampu meningkatkan kelangsungan hidup dan imunitas terbaik pada ikan mas.

Kata Kunci: BIOIMUN® , Immunitas, Aeromonas, Pseudomonas, Ikan mas (Cyprinus carpio L).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENAMBAHAN BIOIMUN® DALAM FORMULASI PAKAN UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS IKAN MAS (Cyprinus carpio L) TERHADAP INFEKSI BAKTERI Aeromonas hydrophila dan Pseudomonas sp.
Pengarang Abi Wahyu Riyansyah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ABI p 2021
Subyek BIOIMUN® ,
Immunitas,
Aeromonas,
Pseudomonas,
Ikan mas (Cyprinus carpio L)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit
Jurusan Akuakultur
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua