Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Burnout Study Siswa Kelas Ix di SMP Negeri 22 Samarinda
Ari Prasetyo Setiawan, 2021 Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Burnout Study siswa kelas ix di SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Bimbigan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Akhmad Mile, M.Pd. selaku pembimbing I dan Dydik Kurniawan, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Strategi layanan bimbingan dan konseling di sekolah yaitu pendekatan yang telah direncanakan sebelumnya untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Untuk dapat mencapai tujuan dalam mengatasi Burnout Study di SMP Negeri 22 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari satu guru bimbingan dan konseling san dua orang siswa.Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data,data reduction,data display, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu strategi guru BK dengan menggunakan hasil dari AKPD untuk dapat mentukan RPL yang akan dibuat. Strategi Pelaksanaan dalam kelas guru BK memberikan sebuah pemahaman serta pencegahan tentang burnout study dengan menggunakan layanan informasi dan pengentasannya guru BK menggunakan layanan konseling individual. Burnout study yang terjadi di SMP Negeri 22 Samarinda disebabkan oleh sulitnya konsentrasi didalam kelas, masalah kesehatan dan kelelahan yang mempengaruhi diri siswa hingga siswa terganggu dalam proses pembelajaran. Kondisi fisik dan kesehatan juga turut andil dalam perannya sebagai pendukung suksesnya proses belajar yang dilakukan siswa, seringkali karena kondisi kesehatan siswa yang kurang baik dan juga kelelahan dan juga keadaan lingkungan kelas.Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi Burnout study siswa berjalan efektif.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Burnout Study Siswa Kelas Ix di SMP Negeri 22 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Ari Prasetyo Setiawan - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ARI s 2021 |
Subyek | Burnout Study guru bimbingan dan konseling, strategi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bimbingan dan Konseling |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY