Detail Cantuman Kembali
IMANUEL SULO - Personal Name

ANALISIS PENERAPAN KOMPETENSI KARYAWAN DALAM MENGATASI TINGKAT KECELAKAAN KERJA (Studi Kasus Pada Operator Unit Alat Berat PT. Kaltim Diamond Coal Site Loa Gagak)”

Kompetensi adalah karakteristik dasar atau kemampuan sumber daya manusia dari seseorang yang memungkinkan mereka mengeluarkan kinerja terbaik mereka dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab berdasarkan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap. Kompetensi merupakan persyaratan utama untuk bekerja dengan aman dan selamat. Pendekatan secara manusia menyatakan sebagian besar kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia dengan tindakan tidak aman. Karena itu untuk mencegah kecelakaan dilakukan berbagai upaya pembinaan unsur manusia untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga kesadaran K3 meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui implementasi kompetensi karyawan dalam mengatasi tingkat kecelakaan kerja pada operator unit alat berat PT Kaltim Diamond Coal. Kompetensi (X) digunakan sebagai variable dependen sedangkan Kecelakaan Kerja (Y) menjadi variable dependen. Data primer diperoleh melalui data yang tersedia pada PT Kaltim Diamond Coal.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kompetensi karyawan meningkatkan kesadaran karyawan untuk dapat bekerja dengan aman, sehingga dapat menurunkan tingkat potensi bahaya yang terjadi dalam bekerja. Pengetahuan memungkinkan karyawan mampu mengenali setiap perangkat kerja dan juga meningkatkan kemampuan analisa karyawan, keterampilan memungkinkan seorang karyawan dalam menjalankan setiap unit yang dikerjakan, dan sikap meningkatkan komitmen karyawan dalam bekerja sehingga mampu bertindak sesuai dengan prosedur kerja yang benar, sehingga dapat menghindari potensi kecelakaan kerja.
PT Kaltim Diamond Coal sebaiknya melakukan peningkatan kompetensi untuk setiap karyawan dengan tujuan meningkatkan kemampuan karyawan dalam melaksanakan tanggung jawab sesuai dengan prosedur kerja, sehingga dapat menghindari setiap tindakan berbahaya yang dapat menimbulkan kecelakaan kerja.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENERAPAN KOMPETENSI KARYAWAN DALAM MENGATASI TINGKAT KECELAKAAN KERJA (Studi Kasus Pada Operator Unit Alat Berat PT. Kaltim Diamond Coal Site Loa Gagak)”
Pengarang IMANUEL SULO - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IMA a 2021
Subyek Kompetensi, dan Kecelakaan Kerja
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Administrasi Bisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua