Detail Cantuman Kembali
Joedy Pranata - Personal Name

PENGARUH PERBANDINGAN SARI BUAH SEMANGKA DAN SUSU CAIR DALAM PEMBUATAN ES KRIM TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN, OVERRUN, KECEPATAN LELEH, DAN KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK

Semangka adalah buah yang banyak ditemukan di seluruh Indonesia. Banyaknya dipasaran membuat semangka dibutuhkan pengolahan lebih lanjut agar meningkatkan nilai jual dari buah semangka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perbandingan sari buah semangka dengan susu cair dalam pembuatan es krim terhadap aktifitas antioksidan, overrun, kecepatan leleh dan karakteristik organoleptik.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 3 pengulangan dengan Formulasi sari semangka dan susu cair yang diolah dalam ukuran 350 g. . Parameter yang diamati pada penelitian ini yaitu uji overrun, kecepatan leleh, uji aktifitas antioksidan, dan sensoris Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan sidik ragam (ANOVA). Data yang menunjukkan perbedaan nyata, dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf α 5%.
Pada Hasil penelitian terdapat pengaruh perbandingan sari buah semangka dengan susu cair terhadap aktivitas antioksidan, overrun, kecepatan leleh, dan karakteristik organoleptik. Perlakuan terbaik didapat pada perbandingan sari semangka 150 mL : 150 mL susu cair yang memiliki aktivitas antioksidan 15.28%, kecepatan leleh 15.28 menit, overrun 32.11%.. Adapun karakteristik hedonik warna, aroma, tekstur, dan rasa berturut-turut adalah suka, dan untuk mutu hedonik berwarna merah, beraroma semangka, tekstur lembut, berasa semangka.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PERBANDINGAN SARI BUAH SEMANGKA DAN SUSU CAIR DALAM PEMBUATAN ES KRIM TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN, OVERRUN, KECEPATAN LELEH, DAN KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK
Pengarang Joedy Pranata - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JOE p 2021
Subyek Es Krim, Semangka, Organoleptik, Aktifitas Antioks
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua