KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH KONTEKSTUAL YANG BERKAITAN DENGAN RASIO TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU SISWA KELAS X MIA MADRASAH ALIYAH NEGERI BONTANG TAHUN AJARAN 2018/2019
Ahmad. 2019. Kemampuan Penyelesaian Masalah dalam Menyelesaiakan Soal Matematika Materi Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku Siswa Kelas X MIA MAN Bontang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mulawarman: (I) Dr. H. Usfandi Haryaka, M.Pd dan (II) Drs. Berahman, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penyelesaian masalah matematika materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku siswa kelas X MIA MAN Bontang Tahun Ajaran 2018/2019. Pelaksanakan penelitian ini pada tanggal 29 April 2018 dan merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA MAN Bontang yang berjumlah 54 siswa dan objek penelitian adalah penyelesaian masalah matematika materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes dilakukan selama 90 menit, kemudian siswa dikelompokkan menjadi siswa berkemampuan, sangat tinggi, tinggi, cukup, rendah, dan sangat rendah kemudian dilakukan wawancara kepada siswa yang mewakili setiap jawaban pada setiap soal.
Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu menentukan kemampuan masing-masing siswa, menentukan kategroi kemampuan berdasarkan kompetensi Dasar, menentukan persentase tiap indikator kemampuan penyelesaian masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan tes kemampuan kelas X MIA MAN Bontang, diperoleh tidak terdapat siswa dalam kategori sangat tinggi,tinggi, dan cukup. Terdapat 2 siswa dalam kategri kurang dan sebanyak 52 dengan kategori sangat kurang dengan jumlah siswa seluruhnya adalah 54 orang. Kemampuan penyelesaian masalah matematika materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku siswa kela X MIA MAN Bontang tahun ajaran 2018/2019 adalah: 1) kemampuan siswa dalam memahami masalah tergolong dalam kategori sangat kurang, 2) kemampuan siswa dalam merencanakan penyelesaian tergolong dalam kategori sangat kurang, 3) kemampuan siswa dalam melaksanakan rencana tergolong dalam kategori sangat kurang, 4) kemampuan siswa dalam menginterpretasikan hasil yang diperoleh tergolong dalam ketegori sangat sangat kurang. Kemampuan penyelesaian masalah dalam menyelesaikan soal matematika materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku siswa kelas X MIA MAN Bontang tahun ajaran 2018/2019 secara keseluruhan dikatakan sangat rendah.
Kata Kunci:
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH KONTEKSTUAL YANG BERKAITAN DENGAN RASIO TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU SISWA KELAS X MIA MADRASAH ALIYAH NEGERI BONTANG TAHUN AJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | AHMAD - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AHM k 2020 |
Subyek | Kemampuan, Trigonometri, Penyelesaian Masalah Penyelesaian masalah kontekstual rasio trigonometr |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY