DESKRIPSI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TENTANG SIKLUS AIR KELAS V SD NEGERI 007 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Wa Ode Nurhadayanti, 2020. Deskripsi Model Pembelajaran Problem Based Learning tentang Siklus Air Kelas V SD Negeri 007 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2020/2021.Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Hj. Warsinah, M.Pd selaku pembimbing I dan Makmun, S. Ag, M. Ag, Ph. D selaku pembimbing II
Kata Kunci : Deskripsi, Model Pembelajaran Problem Based Learning
Penelitian ini dilakukan atas upaya Bagaimana Model Problem Based Learning (PBL) tentang Siklus Air pada siswa kelas V di SDN 007 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2020/2021. Maka tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan atau gambaran model pembelajaran Problem Based Learning tentang siklus air pada siswa kelas V di SDN 007 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskripsi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V di SDN 007 Samarinda Ilir. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara guru yang dilaksanakan untuk mengetahui proses model PBL yang baik dan benar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PBL yang dilakukan guru sudah baik dan benar. Guru telah menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) model PBL, bahan ajar, dan LKPD dengan presentase 89%. Adapun penilaian langkah-langkah pembelajaran model ini yaitu langkah pertama guru mengorientasikan siswa akan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan siswa untuk menentukan topic masalah dengan presentase 95%. Langkah kedua guru mengorganisasikan siswa dalam 4 kelompok yang terdiri atas 5 siswa dengan presentase 90%. Langkah ketiga membimbing penyelidikan individu maupun kelompok dengan presentase 88%. Langkah keempat mengembangkan dan menyajikan hasil karya dengan presentase 88%. Langkah kelima menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah dengan presentase 95%. Dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat dilakukan guru dengan baik terutama pada materi siklus air.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | DESKRIPSI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TENTANG SIKLUS AIR KELAS V SD NEGERI 007 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Wa Ode Nurhadayanti - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI WAO d 2021 |
Subyek | Model Pembelajaran Problem Based Learning Deskripsi model pembelajaran |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY