Detail Cantuman Kembali
RAHMAT BASUKI SAPUTRA - Personal Name

MEMBANGUN GAME JEMPARINGAN BERBASIS ANDROID DENGAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE

Memanah adalah suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Panahan yang memiliki konsep tentang tradisi panahan asli Yogyakarta yang dikenal dengan nama jemparingan. Pada tradisi ini sasaran berbentuk tiang berwarna terang biasa di sebut bandulan atau wong-wongan dan busur di namakan gandewa atau cengkolak. Jemparingan adalah seni olahraga tradisional yang menggunakan rasa. Rasa di sini adalah hati. Banyak orang belum mengetahui olahraga tradisional ini. Untuk menjaga kelestariannya, olahraga ini harus di promosikan kepada generasi muda dengan berbentuk sebuah media salah satunyaa game. Android merupakan sistem operasi yang berbasis mobile dengan berlinsensikan open source, Android merupakan sistem operasi terbanyak dipakai setelah IOS dari Apple, di Indonesia sendiri penggunaan Android terbilang cukup banyak dengan 28% di tahun 2019 dan angka ini akan terus tumbuh pada empat tahun berikut sebesar 33% . Game merupakan salah satu produk teknologi informasi yang cukup di gemari saat ini terlebih game pada smartphone android. atas dasar inilah dibangun game Jemparingan yang dapat melatih keakuratan dalam memanah target atau dengan busur dan anak panah tunggal dalam keterampilan akurasi dengan Metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (mdlc). mdlc sendiri merupakan tahapan-tahapan dasar yang terstruktur dalam pembangunan game, data – data yang sudah dirancang dan dikumpulkan seperti karakter utama, objek target, suara game, item menu dan background diolah dan di buat menjadi sebuah game menggunakan aplikasi Game Maker Studio. pengujian dalam 2 tahap yaitu metode pengujian black box testing dan metode kuesioner yang nanti akan bagikan beserta link game, yang bertujuan untuk mengetahui apakah semua fungsi dan game dapat berjalan dengan baik pada setiap jenis smartphone sehingga memberikan hiburan untuk usia 10 tahun ke atas dalam platform mobile android. Pengujian secara fungsionalitas game ini memenuhi harapan peneliti untuk menjadi media hiburan, melatih penglihatan, ketepatan dan kecepatan berpikir.
Kata Kunci : Jemparingan, Android, Multimedia Development Life Cycle.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MEMBANGUN GAME JEMPARINGAN BERBASIS ANDROID DENGAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Pengarang RAHMAT BASUKI SAPUTRA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAH m 2021
Subyek Kata Kunci : Jemparingan, Android, Multimedia Deve
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua