Detail Cantuman Kembali
Achmad pendi rahman - Personal Name

Deskripsi Model Pembelajaran Example Non Example Muatan IPA Materi Sumber Energi Kelas IV SDN 006 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021

Achmad Pendi Rahman, 2020. Deskripsi Model Pembelajaran Example Non Example Muatan IPA Materi Sumber Energi Kelas IV SDN 006 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Hj. Warsinah, M.Pd selaku pembimbing I dan Drs. Benyamin Matius, M.Pd selaku pembimbing II

Kata Kunci : Deskripsi, Model Pembelajaran Example Non Example.

Penelitian ini dilakukan atas upaya pelakasanaan pembelajaran dengan model example non example pada muatan IPA materi sumber energi kelas IV SDN 006 Samarinda ulu tahun pembelajaran 2020/2021. Maka tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan atau sebagaimana bentuk gambaran model pembelajaran Example Non Example pada muatan IPA materi sumber energi kelas IV SDN 006 Samarinda ulu tahun pembelajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini menggunakan metode Desripsi dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dikelas IV SDN 006 Samarinda Ulu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, wawancara dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara guru yang diaksanakan untuk mengetahui proses model Example Non Example yang baik dan benar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil ini menunjukan bahwa model Example Non Example yang dilakukan guru sudah baik dan benar. Guru telah menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) model Example Non Example, bahan ajar, dan LKPD dengan presentase 87,5% Adapun penilaian langkah-langkah pembelajaran model Example Non example ini yaitu langkah pertama guru menyiapkan bahan ajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran bagi siswa dengan presentase 93,75%. Langkah kedua guru mengorganisasikan siswa dalam kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 orang siswa dengan presentase 85%. Langkah ketiga guru membimbing persentasi tiap-tiap kelompok dengan presentase 91,6%. Langkah keempat mengembangkan dan menyajikan hasil karya dengan presentase 87,5%. Langkah kelima menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah dengan presentase 90%. Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran Example Non Example dapat dilakukan oleh guru dengan memusatkan perhatian dan fokus siswa terhadap gambar gambar yang telah disajikan sesuai dengan pembelajaran yang sedang dilaksanakan. Dan dengan pembagian kelompok-kelompok kecil yang akan mengembangkan keterampilan siswa dalam mengamati, membaca gambar, dan menganalisisnya kemudian mendiskusikan bersama. Dari kegiatan inilah akan menjadikan siswa terlatih mengolah informasi pembelajaran yang mana pembelajaran tersebut langsung menyentuh indra penglihatan siswa dan belajar menyajikannya melalui presentasi-presentasi setiap keleompok, sehingga terlaksananya pemebelajaran yang efektif dan efisien.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Deskripsi Model Pembelajaran Example Non Example Muatan IPA Materi Sumber Energi Kelas IV SDN 006 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021
Pengarang Achmad pendi rahman - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ACH d 2021
Subyek Deskripsi, Model Pembelajaran Example Non Example
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan pendidikan guru sekolah dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua