Detail Cantuman Kembali
Tri Nurul Indriani - Personal Name

Pengaruh pemberian pupuk organik cair kayu apu (Pistia stratiotes L) dengan AB Mix terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman caisim (Brassica chinensis var.parachinensis) dengan sistem hidroponik rakit apung

Pengaruh Pemberian Pupuk Cair Organik Kayu Apu (Pistia stratiotes) dan AB mix terhadap Pertumbuhan dan hasil tanaman Caisim (Brassica chinensis ver. Parachinensis) dengan Sistem Hidroponik Rakit Apung (Sebagai Penunjang Praktikum Materi Pertumbuhan dan Perkembangan) dibawah bimbingan Dr. Elsje Theodora Maasawet, M.Pd dan Drs. H. Syahril Bardin, M.Si selaku pembimbing I dan II.
Penelitian ini memanfaatkan kayu apu (Pistia startiotes) yang merupakan tanaman gulma air dimana keberadaannya dapat menyumbat irigasi dan mengandung unsur N, P, dan K. Agar nutrisi tanaman hidroponik tercukupi, perlu tambahan penggunaan AB mix. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik Kayu Apu (Pistia stratiotes) dan AB mix serta untuk mengetahui dosis yang optimal terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Caisim (Brassica chinensis ver. Parachinensis ) dengan Sistem Hidroponik Rakit Apung. Terdiri dari 12 perlakuan dan 3 ulangan dengan metode Rancangan Acak Kelompok faktorial. Parameter yang digunakan yaitu tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), dan berat basah tanaman (gram).
Hasil pengamatan tinggi tanaman hari ke-30 setelah semai dengan nilai Fhitung (57,76) > Ftabel (2,22), jumlah daun dengan nilai Fhitung (15,44) > Ftabel (2,22), dan berat basah tanaman saat panen dengan nilai Fhitung (24,90) > Ftabel (2,22). Dari hasil analisis tersebut terdapat pengaruh yang signifikan sehingga diperoleh dosis optimal untuk jumlah daun yaitu perlakuan pemberian pupuk organik cair kayu apu (Pistia stratiotes) 75 ml dan AB mix 50 ml. Sedangkan untuk pertumbuhan tinggi tanaman dan berat basah yaitu pupuk organik cair kayu apu (Pistia stratiotes) 50 ml dan AB mix 50 ml.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh pemberian pupuk organik cair kayu apu (Pistia stratiotes L) dengan AB Mix terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman caisim (Brassica chinensis var.parachinensis) dengan sistem hidroponik rakit apung
Pengarang Tri Nurul Indriani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TRI p 2021
Subyek Pupuk organik cair, kayu apu (Pistia stratiotes)
Caisim (Brassica chinensis ver. Parachinensis)
AB Mix
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua