Detail Cantuman Kembali
Rahman Subandi - Personal Name

Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflection Recite, And Review Dengan Buku Sekolah Digital Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas Vii Di Ponpes Madrasah Tsanawiyah Nurusa’adah Sangkulirang Mata Pelajaran Biologi

Rahman, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflection, Recite and Review) Dengan Buku Sekolah Digital Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Di Ponpes Madrasah Tsanawiyah Nurussa’adah Sangkulirang Mata Pelajaran Biologi. Dibawah bimbingan Dr. Vandalita M. Rambitan M.P selaku pembimbing I dan Prof. Dr. Makrin Tindangen, MP.d selaku pembimbing II .
Rendahnya pemahaman konsep yang dilihat dari hasil pra penelitian yang telah dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Nurussa’adah Sangkulirang disebabkan karena metode dan model yang belum sesuai sehingga siswa menjadi tidak aktif . selain itu siswa belum mampu berpikir secara mandiri karena siswa ingin lebih praktis dengan mencari jawaban di internet sehingga siswa tidak dapat mengutarakan pendapatnya apa yang telah dipelajarinya. Buku Sekolah Digital sebagai media dan Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflection and Review) merupakan salah satu alternatif pembelajaran agar siswa dapat secara aktif dan siswa dapat mengingat konsep yang ada dalam waktu yang lama. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh dari Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite and Review) dengan Buku Sekolah Digital Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Di Ponpes Madrasah Tsanawiyah Nurussa’adah Sangkulirang Mata Pelajaran Biologi.
Metode Penelitian yang digunakan yaitu True experimental design dengan tipe pretest-posttest control group design. populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTS Nurussa’adah Sangkulirang. Penelitian ini menggunakanan teknik Cluster Random Sampling yang menghasilkan kelas VII.B sebagai kelas Experimen dan Kelas VII. A sebagai Kelas Kontrol. Teknik Pengumpulan data meliputi tes dan non tes kemudian dilakukan analisis data
Hasil analisis data untuk pemahaman konsep siswa menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan uji t didapatkan Thitung: 4,177 dan Ttabel: 2,042. Thitung> Ttabel sehingga kesimpulannya adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflection, Recite and Review) Dengan Buku Sekolah Digital Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Di Ponpes Madrasah Tsanawiyah Nurussa’adah Sangkulirang Mata Pelajaran Biologi.
Kata Kunci: Model SQ4R Buku Sekolah Digital pemahaman konsep

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflection Recite, And Review Dengan Buku Sekolah Digital Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas Vii Di Ponpes Madrasah Tsanawiyah Nurusa’adah Sangkulirang Mata Pelajaran Biologi
Pengarang Rahman Subandi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAH p 2021
Subyek Model SQ4R, Pemahaman Konsep, Buku Sekolah Digital
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua