Detail Cantuman Kembali
HEVI SYAHRIZAL HASYIM - Personal Name

PENGARUH BANTUAN PEMERINTAH DAN LUAS LAHAN TERHADAP PRODUKSI PADI SAWAH DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh bantuan pemerintah dan luas lahan terhadap produksi padi sawah di Kabupaten Kutai Kartanegara. Dengan program pemerintah, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Kartanegara diharapkan memberikan perubahan terhadap peningkatan produksi pertanian padi sawah, sehingga berpengaruh kepada tingkat kesejahteraan petani.
Penelitian menggunakan pendekatan mix method, dimana dilakukan analisis regresi linier berganda terhadap data bantuan benih, pupuk, irigasi, alsintan, luas lahan dan produksi padi sawah di Kabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2011-2019 serta melibatkan informasi dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Kartanegara, pemerhati pertanian dan Petani di Kabupaten Kutai Kartanegara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bantuan pemerintah dalam bentuk benih, pupuk, pembangunan irigasi dan pemberian alsintan belum mampu memberikan perubahan peningkatan produksi padi sawah yang berarti di Kabupaten Kutai Kartanegara. Begitu juga dengan tindakan pengembangan perluasan areal pertanian yang belum memberikan perubahan peningkatan produksi hasil budidaya pertanian padi sawah karena kondisi lahan di Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki tingkat keasaman yang masih tinggi.
Pemerintah daerah Kabupaten Kutai Kartanegara perlu melakukan peningkatan dan pemerataan bantuan kepada seluruh petani di Kabupaten Kutai Kartanegara serta meningkatkan sosialisasi kepada petani agar mengerti pentingnya program bantuan pemerintah dalam upaya pemerintah memenuhi kebutuhan pokok nasional serta peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah daerah Kabupaten Kutai Kartanegara juga perlu melakukan perbaikan kondisi lahan melalui pengapuran terlebih dahulu guna menurunkan tingkat keasaman tanah agar dapat meningkatkan produksi padi sawah di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH BANTUAN PEMERINTAH DAN LUAS LAHAN TERHADAP PRODUKSI PADI SAWAH DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang HEVI SYAHRIZAL HASYIM - Personal Name
No. Panggil TESIS HEV p 2021
Subyek Bantuan Pemerintah; Luas Lahan; Produksi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan Magister ilmu ekonomi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua