Detail Cantuman Kembali
DIKI DARMAWAN - Personal Name

PENERAPAN METODE WEIGHTED PRODUCT UNTUK MENENTUKAN PENERIMA BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA (Studi Kasus: SNVT Kota Samarinda)

Rumah memiliki pengaruh yang awal serta utama dalam pembentukan sifat dan karakter anak bangsa mulai dari sejak lahir. Membangun rumah yang layak huni dalam area yang sehat serta nyaman adalah salah satu upaya membangun manusia Indonesia yang utuh, berjati diri, mandiri, serta produktif. Selaku representasi negara pemerintah hadir dengan program bantuan stimulan perumahan swadaya/BSPS yang bertujuan untuk mengurangi rumah tidak layak huni. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem berbasis komputer dengan menerapkan metode weighted product untuk menentukan calon penerima sebagai rekomendasi pemilihan. Metode weighted product adalah metode pengambilan keputusan dengan metode perkalian buat menghubungkan rating atribut, dimana rating tiap atribut wajib dipangkatkan dahulu dengan bobot atribut yang bersangkutan, di mana bobot serta kriteria tersebut disesuaikan dengan syarat yang sudah ditentukan. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh langsung dari satuan kerja non vertikal tertentu (SNVT) Kota Samarinda. Data tersebut berisikan informasi penting seperti NIK, alamat, pekerjaan, dan penghasilan. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dengan dua tahap yaitu pengujian fungsional (blackbox testing) dan pengujian validitas (pengujian akurasi). Pengujian fungsional telah dilakukan dengan menguji komponen sistem seperti login, tambah data, edit data, dan hapus data. Sehingga dari hasil pengujian didapatkan hasil pengujian sistem berjalan sesuai harapan. Pada pengujian akurasi yang sudah dilakukan dengan 49 data uji total dibagi dengan jumlah data bernilai benar yaitu 40 data kemudian dikali 100% sehingga didapatkan hasil tingkat akurasi sebesar 81,6%. Hasil analisis sistem pendukung keputusan menggunakan metode Weighted Product untuk menentukan penerima bantuan stimulan perumahan swadaya dapat menjadi model dalam menentukan calon penerima sebagai rekomendasi dalam proses pemilihan. Oleh karena itu sistem yang sudah dibuat bisa digunakan oleh satuan kerja non vertikal tertentu (SNVT) dalam proses pemilihan calon penerima bantuan stimulan perumahan swadaya.
Kata Kunci: Stimulan, Metode Weighted Product, SNVT, BSPS.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN METODE WEIGHTED PRODUCT UNTUK MENENTUKAN PENERIMA BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA (Studi Kasus: SNVT Kota Samarinda)
Pengarang DIKI DARMAWAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DIK p 2021
Subyek Kata Kunci: Stimulan, Metode Weighted Product, SNV
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua