Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Visual Novel terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Sel di SMAN 2 Samarinda
Anida Listira Wulandari, 2021. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Visual Novel terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Sel di SMAN 2 Samarinda, skripsi program studi pendidikan biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Makrina Tindangen, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Drs. H. Syahril Bardin, M.Si selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas XI MIPA yang memiliki permasalahan pada saat pembelajaran yaitu siswa memiliki ciri-ciri kurangnya minat belajar seperti tidak hadir tepat waktu, siswa sangat pasif atau tidak aktif dalam berdiskusi dan banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas tepat waktu. Sehingga perlu adanya penggunaan media yang sesuai untuk menarik minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis game edukasi visual novel terhadap minat belajar siswa kelas XI MIPA pada materi sel di SMAN 2 Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode subjek tunggal atau pre-eksperimen dengan model One Group Pretestposttest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan populasi sebanyak 6 kelas dan sampel yang digunakan adalah XI MIPA 5. Teknik analisis data menggunakan uji Paired Sample t Test dengan taraf signifikansi 5% . Hasil analisis data pada uji Paired Sample t Test menunjukkan nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,003, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis game edukasi visual novel terhadap minat belajar siswa kelas XI MIPA pada materi sel di SMAN 2 Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Visual Novel terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Sel di SMAN 2 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Anida Listira Wulandari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ANI p 2021 |
Subyek | Media Pembelajaran Game Edukasi Visual Novel, Minat Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Biologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY