Detail Cantuman Kembali
RAHMANIA - Personal Name

AKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN SIRIH HITAM (PIPER SP.) TERHADAP PENINGKATAN IMUNITAS NON-SPESIFIK PADA MENCIT (MUS MUSCULUS)



Penelitian tentang “Aktivitas Ekstrak Etanol Daun Sirih Hitam (Piper sp.) Terhadap Peningkatan Imunitas Non-Spesifik pada Mencit (Mus musculus)” ini, bertujuan untuk mengetahui aktivitas imunitas non-spesifik ekstrak etanol daun sirih hitam pada mencit, mencari dosis terbaik ekstrak etanol daun sirih hitam yang dapat meningkatkan respon imunitas non-spesifik mencit dan untuk mengetahui potensi ekstrak etanol daun sirih hitam dalam meningkatkan respon imunitas non-spesifik dibandingkan dengan kontrol positif (Stimuno). Ekstrak daun sirih hitam diberikan secara per-oral dengan tiga perlakuan, yaitu 25 mg/kg BB, 50 mg/kgBB dan 100 mg/kg BB. Sebagai pembanding ada perlakuan kontrol negatif dan kontrol positif yang diberi Stimuno. Parameter imunitas non-spesifik yang diperiksa adalah kandungan total leukosit, diferensial leukosit dan fagositik, yang diamati pada hari ke 0 sebelum diberi perlakuan, hari ke 7 dan 14 setelah diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukan Ekstrak etanol daun sirih hitam dapat meningkatkan komponen imunitas non-spesifik pada mencit, yaitu meningkatkan total leukosit, sel neutrofil dan monosit serta meningkatkan fagositik. Dosis terbaik yang dapat meningkatkan respon imunitas non-spesifik pada mencit adalah 50 mg/kg BB. Potensi ekstrak etanol daun sirih hitam dalam meningkatkan respon imunitas non-spesifik dibandingkan dengan kontrol positif Stimuno tidak berbeda nyata.

Kata kunci: Daun Sirih Hitam (Piper sp.), Imunitas Non-Spesifik, total leukosit, diferensial leukosit, fagositik

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul AKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN SIRIH HITAM (PIPER SP.) TERHADAP PENINGKATAN IMUNITAS NON-SPESIFIK PADA MENCIT (MUS MUSCULUS)
Pengarang RAHMANIA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Daun Sirih Hitam (Piper sp.), Imunitas Non-Spesifi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua