HUBUNGAN STRATEGI BELAJAR TERHADAP PERFORMA MAHASISWA DALAM PELAKSANAAN TUTORIAL SECARA DARING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MULAWARMAN
Tutorial merupakan bagian utama dari pelaksanaan PBL. Selama pandemi Covid19 diperlukan adaptasi metode belajar yaitu secara daring. Mahasiswa memiliki strategi berbeda untuk mencapai sasaran pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan strategi belajar terhadap performa mahasiswa dalam pelaksanaan tutorial daring. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Resonden penelitian adalah mahasiswa angkatan 2017-2020 program studi kedokteran dan kedokteran gigi dengan metode total sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen Motivated Strategy for Learning Questionnaire (MSLQ) dan lembar penilaian tutorial Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman. Analisis hubungan dengan uji statistik Fisher. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi belajar mahasiswa paling banyak adalah strategi belajar kategori sedang (66%) dan performa tutorial paling banyak adalah kategori baik (50,3%). Sebagian besar mahasiswa memiliki strategi belajar kategori sedang dengan performa tutorial kategori baik (33,1%) dengan nilai p sebesar 0.959. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan strategi belajar terhadap performa mahasiswa dalam menjalankan tutorial secara daring di Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN STRATEGI BELAJAR TERHADAP PERFORMA MAHASISWA DALAM PELAKSANAAN TUTORIAL SECARA DARING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MULAWARMAN |
---|---|
Pengarang | MEIDA RATNA WIJAYA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MEI h 2021 |
Subyek | PBL, tutorial daring strategi belajar, performa mahasiswa |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Kedokteran |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY