Detail Cantuman Kembali

Hubungan Kualitas Tidur Selama Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Tingkat Imunitas Tubuh Siswa di SMA Negeri 5 Balikpapan

Melisa Nidaanisa Maharani, 2021. Hubungan Kualitas Tidur Selama Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Tingkat Imunitas Tubuh Siswa di SMA Negeri 5 Balikpapan. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Didimus Tanah Boleng, M.Kes selaku pembimbing I dan Dr. Sonja V.T. Lumowa, M.Kes selaku pembimbing II.
Kualitas tidur adalah kemampuan individu untuk tidur dan tetap tidur kemudian bangun sehingga memperoleh kebugaran tubuh. Pandemi COVID-19 merupakan wabah penyakit yang sedang dialami seluruh dunia akibat dari virus jenis baru yaitu SARS CoV-2. Imunitas tubuh merupakan kemampuan tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit seperti virus dan seterusnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur selama masa pandemi COVID-19 dengan tingkat imunitas tubuh siswa di SMA Negeri 5 Balikpapan. Metodelogi penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan silang. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X, XI, dan XII berjumlah 287 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 faktor yang mengindikasikan kualitas tidur buruk, yaitu gejala pada siang hari, pemulihan setelah tidur, masalah dalam memulai tidur, kesulitan bangun tidur, kepuasan dalam tidur, dan kesulitan untuk tetap tidur. Faktor yang paling utama adalah kepuasan dalam tidur (5,96%). Terdapat 7 keluhan yang berkaitan dengan imunitas tubuh, yaitu masalah kulit, sakit kepala, nyeri otot, flu, batuk, diare, dan demam. Keluhan yang paling mengindikasikan tingkat imunitas tubuh baik adalah masalah kulit (23,94%). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang cukup signifikan antara kualitas tidur selama masa pandemi COVID-19 terhadap tingkat imunitas tubuh siswa di SMA Negeri 5 Balikpapan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Hubungan Kualitas Tidur Selama Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Tingkat Imunitas Tubuh Siswa di SMA Negeri 5 Balikpapan
Pengarang Melisa Nidaanisa Maharani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MEL h 2021
Subyek Kualitas Tidur, Imunitas Tubuh, Pandemi COVID-19
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua