Detail Cantuman Kembali
EKAJATI STEPANIGARI - Personal Name

ANALISIS REDESAIN PENGENDALIAN SIMPANG DENGAN MENGGUNAKAN MKJI 1997 DAN PROGRAM PTV VISSIM (Studi Kasus: Jalan P. M. Noor - Jalan D. I. Panjaitan 1 - Jalan D. I. Panjaitan 2)

Simpang merupakan daerah dengan titik pertemuan dua jalan atau lebih. Salah satu simpang di Kota Samarinda yang sering mengalami kemacetan adalah simpang Tiga Panjaitan (Jl. D.I Panjaitan 1, Jl. P.M Noor dan Jl. D.I Panjaitan 2), simpang ini merupakan simpang tiga tak bersinyal. Untuk mengatasi permasalahan pada simpang tersebut diambil solusi penanganan dengan merencanakan simpang bersinyal dan bundaran. Dalam penelitian ini, kinerja simpang dianalisis dengan menggunakan MKJI 1997 dan dimodelkan dengan software PTV Vissim student version.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan solusi alternatif terbaik untuk pengembangan simpang yang dinilai dengan tingkat pelayanan simpang. Dan membandingkan hasil antara MKJI 1997 dengan PTV Vissim. Proses pendekatan antara MKJI 1997 dengan PTV Vissim dilakukan dengan jalan kalibrasi antara kedua metode tersebut. Hal ini dilakukan dengan menyesuaikan model PTV Vissim degan MKJI 1997, yang dapat dilihat dari uji statistik GEH.
Analisis kinerja simpang kondisi eksisting dengan menggunakan MKJI 1997 menghasilkan nilai tundaan simpang = 84.90 detik/kendaraan dan nilai derajat kejenuhan = 1.56, dengan tingkat pelayanan simpang F. Sedangkan hasil analisis menggunakan PTV Vissim diperoleh nilai tundaan simpang = 56.40 detik/kendaraan, dan nilai derajat kejenuhan simpang = 1.29, dengan tingkat pelayanan simpang F.
Selanjutnya pada alternatif pertama yaitu dengan merencanakan simpang bersinyal dengan pengaturan 2 fase dan 3 fase dengan menggunakan MKJI 1997. Dari hasil perencanaan pengaturan lampu lalu lintas dengan menggunakan MKJI 1997, pada pengaturan 2 fase diperoleh tingkat pelayanan simpang D pada tiap-tiap pendekat (berdasarkan nilai tundaan), dan tingkat pelayanan simpang pada Jl. D.I Panjaitan 1, Jl. P.M Noor dan Jl. D.I Panjaitan 2 berturut-turut E, E dan D (berdasarkan nilai derajat kejenuhan). Selanjutnya hasil perencanaan pengaturan lampu lalu lintas dengan pengaturan 3 fase diperoleh tingkat pelayanan simpang E pada tiap-tiap pendekat (berdasarkan nilai tundaan), dan tingkat pelayanan simpang berturut-turut D, E dan E (berdasarkan nilai derajat kejenuhan).
Alternatif kedua yaitu perencanaan bundaran, dari standar pedoman MKJI 1997, dipilih tipe bundaran R10-22. Pada alternatif ini diperoleh nilai tundaan simpang pada Jl. D.I Panjaitan 1 = 4.17 detik/kendaraan, Jl. P.M Noor = 3.34 detik/kendaraan dan Jl. D.I Panjaitan 2 = 4.7 detik/kendaraan dengan tingkat pelayanan simpang A pada tiap-tiap pendekat. Selanjutnya diperoleh nilai derajat kejenuhan pada Jl. D.I Panjaitan 1 = 0.72, Jl. P.M Noor = 0.64 dan Jl. D.I Panjaitan 2 = 0.73 dengan tingkat pelayanan simpang C pada tiap-tiap pendekat. Sedangkan hasil analisis menggunakan PTV Vissim diperoleh nilai tundaan simpang diantaranya pada Jl. D.I Panjaitan 1 = 21.98 detik/kendaraan, Jl. P.M Noor =26.83 detik/kendaraan dan Jl. D.I Panjaitan 1 = 15.49 detik/kendaraan, dengan tingkat pelayanan simpang berturut-turut C, D dan C pada tiap-tiap pendekat. Nilai derajat kejenuhan yang diperoleh pada Jl. D.I Panjaitan 1 = 1.03, Jl. P.M Noor = 1.21 dan Jl. D.I Panjaitan 2 = 1.12, dengan tingkat pelayanan simpang F pada tiap-tiap pendekat. Dari hasil perencanaan bundaran dan pengaturan lampu lalu lintas dapat dibandingkan berdasarkan kinerja nya maka dapat direkomendasikan bahwa pada perencanaan simpang tersebut lebih mengarah kepada perencanaan pengaturan tanpa sinyal lalu lintas dengan bundaran.
Kata kunci: Kinerja simpang, Tingkat Pelayanan Simpang, MKJI 1997, Software PTV Vissim.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS REDESAIN PENGENDALIAN SIMPANG DENGAN MENGGUNAKAN MKJI 1997 DAN PROGRAM PTV VISSIM (Studi Kasus: Jalan P. M. Noor - Jalan D. I. Panjaitan 1 - Jalan D. I. Panjaitan 2)
Pengarang EKAJATI STEPANIGARI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI EKA a 2021
Subyek Kata kunci: Kinerja simpang, Tingkat Pelayanan Sim
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan teknik sipil
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua