Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs As Salam Samboja Tahun Pelajaran 2020/2021
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di MTs As Salam Samboja Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di MTs As Salam Samboja Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 217 peserta didik dengan sampel sebanyak 140 responden yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kemandirian belajar. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan perhitungan indeks reliabilitas dengan pendekatan koefisien Alpa Cronbach (α) dengan bantuan program SPSS 23.0 for windows. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik statistik deskriptif dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa tingkat kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring didominasi pada kategori sedang dengan persentase sebesar 55% (77 peserta didik). Hasil analisis pada setiap aspeknya yaitu pada aspek personal attributes, tingkat kemandirian belajar didominasi pada kategori sedang dengan persentase sebesar 54% (76 peserta didik), pada aspek processes didominasi pada kategori sedang dengan persentase sebesar 51% (72 peserta didik), sedangkan pada aspek learning context didominasi pada kategori tinggi yaitu dengan persentase sebesar 51% (71 peserta didik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemandirian belajar peserta didik berada pada kategori sedang, artinya sebagian besar peserta didik sudah cukup memiliki kemandirian dalam belajar meskipun belum sepenuhnya mandiri secara konsisten. Sehingga, peneliti memberikan saran kepada guru bimbingan dan konseling untuk melaksanakan upaya lanjutan melalui layanan bimbingan dan konseling khususnya berkaitan dengan aspek personal attributes dan processes serta guru mata pelajaran dapat membangun suasana belajar yang menekankan pada penghargaan agar peserta didik dapat lebih adaptif dan mandiri dalam pembelajaran daring secara optimal.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs As Salam Samboja Tahun Pelajaran 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Siti Nurfadillah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SIT k 2021 |
Subyek | Kemandirian Belajar, Pembelajaran Daring |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY