Detail Cantuman Kembali
Siti Nurfadillah - Personal Name

Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs As Salam Samboja Tahun Pelajaran 2020/2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di MTs As Salam Samboja Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di MTs As Salam Samboja Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 217 peserta didik dengan sampel sebanyak 140 responden yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kemandirian belajar. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan perhitungan indeks reliabilitas dengan pendekatan koefisien Alpa Cronbach (α) dengan bantuan program SPSS 23.0 for windows. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik statistik deskriptif dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa tingkat kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring didominasi pada kategori sedang dengan persentase sebesar 55% (77 peserta didik). Hasil analisis pada setiap aspeknya yaitu pada aspek personal attributes, tingkat kemandirian belajar didominasi pada kategori sedang dengan persentase sebesar 54% (76 peserta didik), pada aspek processes didominasi pada kategori sedang dengan persentase sebesar 51% (72 peserta didik), sedangkan pada aspek learning context didominasi pada kategori tinggi yaitu dengan persentase sebesar 51% (71 peserta didik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemandirian belajar peserta didik berada pada kategori sedang, artinya sebagian besar peserta didik sudah cukup memiliki kemandirian dalam belajar meskipun belum sepenuhnya mandiri secara konsisten. Sehingga, peneliti memberikan saran kepada guru bimbingan dan konseling untuk melaksanakan upaya lanjutan melalui layanan bimbingan dan konseling khususnya berkaitan dengan aspek personal attributes dan processes serta guru mata pelajaran dapat membangun suasana belajar yang menekankan pada penghargaan agar peserta didik dapat lebih adaptif dan mandiri dalam pembelajaran daring secara optimal.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs As Salam Samboja Tahun Pelajaran 2020/2021
Pengarang Siti Nurfadillah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIT k 2021
Subyek Kemandirian Belajar, Pembelajaran Daring
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua