Detail Cantuman Kembali
MUHAMAD BAHAR - Personal Name

IMPLEMENTASI PERDA NOMOR 28 TAHUN 2011 TENTANG ALOKASI DANA KAMPUNG DI KAMPUNG LABANAN MAKMUR KECAMATAN TELUK BAYUR KABUPATEN BERAU

Muhamad Bahar, Program Studi Pendididkan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman 2013. Implementasi Perda No 28 Tahun 2011 tentang Alokasi Dana Kampung di Kampung Labanan Makmur Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau, dibawah bimbingan Dra. Hj. Marwiah Johansyah, M.Pd selaku Dosen pembimbing pertama, dan Dra. Hj. Wingkolatin, M.Si selaku Dosen pembimbing kedua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan Implementasi Perda No 28 tahun 2011 Tentang Alokasi Dana Kampung di Kampung Labanan Makmur Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi Alokasi Dana Kampung.
Analisis data yang di gunakan adalah analisis data kualitatif yang di awali dengan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan penelitian kepustakaan, penelitian kelapangan yaitu dengan pengumpulan data melalui kegiatan observasi, penelitian, wawancara dokumentasi untuk mendapatkan data yang lebih jelas sesuai dengan yang dibutuhkan dalam penelitian.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh gambaran bahwa Perda No 28 Tahun 2011 tentang Alokasi Dana Kampung(ADK) telah terimplementasi di Kampung Labanan Makmur Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau. Implementasi ADK di Kampung Labanan Makmur Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau ditinjau dari pengaloksian Dana Kampung sebesar 30%(tiga puluh perseratus) untuk Belanja Aparatur dan Operasional Pemerintahan Kampung dan 70% (tujuh puluh perseratus) untuk Pemberdayaan Masyarakat telah digunakan walaupun tidak sepenuhnya dirasakan secara langsung manfaatnya oleh masyarakat, karena ada program pemberdayaan masyarakat yang harus menunggu beberapa tahun untuk menikmati hasilnya. Sehingga dari segi penggunaannya yaitu untuk pemberdayaan masyarakat 70% masuk dalam kriteria efektif dan 30% untuk kegiatan belanja aparatur dan operasional pemerintahan, sehingga dapat dikatakakan terlaksana dengan baik.
Meskipun Perda No 28 Tahun 2011 tentang Alokasi Dana Kampung telah terimplementasi namun dalam implementasi ADK ini ditemukan adanya faktor penghambat yang terdiri dari Sumber Daya Manusia aparat pemerintah kampung yang masih rendah, kurangnya pembinaan untuk meningkatkan kapasitas aparat pemerintah kampung dalam pengelolaan Alokasi Dana Kampung (ADK). Sedangkan faktor pendukung yaitu masih terdapat dukungan masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan melalui swadaya dan gotong royong serta adanya dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Berau dalam meningkatkan porsi Alokasi Dana Kampung dari tahun ke tahun baik secara jumlah maupun kualitas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI PERDA NOMOR 28 TAHUN 2011 TENTANG ALOKASI DANA KAMPUNG DI KAMPUNG LABANAN MAKMUR KECAMATAN TELUK BAYUR KABUPATEN BERAU
Pengarang MUHAMAD BAHAR - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH i 2021
Subyek Implementasi Perda, Alokasi Dana Kampung
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua