Detail Cantuman Kembali
ERDINAL RESPATTI - Personal Name

PENGEMBANGAN GAME KALIMANTAN WILD LIFE PLATFORMER DENGAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE

Game merupakan salah satu pelepas jenuh dari kehidpuan sehari-hari, hal yang membuat game menarik yaitu dunia yang unik, cerita menarik, dan gameplay yang menyenangkan. Gameplay yang baik dan cerita pada game menjadi pertimbangan baik atau tidaknya game, seperti salah satunya yaitu game patformer seperti super mario. Flora dan fauna Kalimantan Indonesia sendiri dapat digunakan sebagai objek game platformer agar game yang dihasilkan unik dan seru namun dalam pembuatan game sendiri ada metode salah satunya yaitu GDLC agar dapat membuat game yang baik dan teratur, hal inilah yang melatarbelakangin penulis untuk membuat game platformer dengan tema flora dan fauna Kalimantan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Game Development Life Cycle, metode ini merupakan metode yang digunakan dalam pengembangan game, dimana memiliki 6 tahapan yaitu inisiasi untuk tahap ide awal, pre production untuk tahap pembuatan asset, cerita dan engine yang digunakan untuk membuat game yaitu Unity, production untuk tahap pembuatan sistem seperti programming, testing untuk tahap uji coba internal dengan menggunakan metode blackbox, beta untuk tahap uji coba eksternal dengan memberikan borang, dan rilis untuk tahap publikasi game pada itch io. Hasil penelitian menghasilkan game platformer Kalimantan Wildlife dengan tema flora dan fauna kalimantan Indonesia dengan melalui tahapan metode GDLC dari inisiasi selama 3 hari, tahapan pre production selama 8 hari, tahapan production selama 10 hari, tahapan testing selama 3 hari, tahapan beta selama 2 bulan, tahapan revisi selama 5 hari ini dilakukan untuk memperbaiki bug yang ada di dalam game, dan tahapan rilis selama 1 hari, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perancangan pada pembuatan game Kalimantan Wildlife melewati tahapan metode GDLC dengan tahapan yang paling lama yaitu beta test dan tahapan yang paling cepat yaitu rilis, dan game mengalami tahapan revisi sekali untuk memperbaiki dan memberikan pengalaman bermain yang lebih baik lagi.
Kata kunci : Game “Kalimantan Wildlife” , Game Platformer, Game Development Life Cycle, Unity Engine.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN GAME KALIMANTAN WILD LIFE PLATFORMER DENGAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Pengarang ERDINAL RESPATTI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ERD p 2021
Subyek Game “Kalimantan Wildlife” , Game Platformer, Game
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan TEKNIK INFORMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua