DESAIN ALAT PERMAINAN MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Sumini, 2021. Desain Alat Permainan Matematika Anak Usia 4-6 Tahun . Di bawah Bimbingan Dr. Evie Panelewen, M.Pd Selaku Pembimbing I dan Fachrul Rozie, S.Pd, M.Pd selaku dosen Pembimbing II.
Penelitian ini di latar belakangi pentingnya stimulasi pembelajaran matematika awal pada anak usia 4-6 tahun sebagai kesiapan bersekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan guru dalam mendesain alat permainan matematika untuk pelaksanaan matematika awal di masa pandemi COVID-19. Partisipan penelitian adalah guru dan orangtua murid, sebanyak tiga orangtua dan satu guru. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian grounded theory. Analisis data menguunakan model Miles dan Huberman. Indikator penelitian yang digunakan terdiri dari 1)anak mengenal bentuk geometri, 2) anak dapat mengenal angka 1-10, dan 3) anak dapat mengelompokkan benda dan angka. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain alat permainan matematika yang guru kembangkan meliputi permainan “tabung angka”, rumah stik geometri, meronce dan aktivitas yang dikaitkan dengan LKPD seperti menulis angka serta mewarnai angka selama proses pembelajaran daring dan peran orangtua sebagai fasilitator dan mentor selam belajar di rumah (online). Dengan demikian, temuan penelitian ini dapat menjadi masukan bagi para guru serta orangtua dalam mendesain alat permainan matematika sesuai dengan materi yang dibutuhkan bagi anak.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | DESAIN ALAT PERMAINAN MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN |
---|---|
Pengarang | SUMINI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SUM d 2021 |
Subyek | Anak usia5-6 tahun, Angka, Bentuk Geometri Matematika awal |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY