Detail Cantuman Kembali
KADRIANI - Personal Name

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 SAMARINDA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Model pembelajaran ARCS adalah model pembelajaran yang bertujuan untuk memotivasi dan memberikan kepercayaan diri siswa dalam mempelajari suatu materi sehingga akan meningkatkan kemampuan kognitif siswa oleh karena itu dilakukan penelitian dengan judul "Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Samarinda Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia ".
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 13 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen, dengan menjadikan kelas X-3 dan kelas X-2 sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai pengontrol. Data dikumpulkan melalui post test 1, post test 2 dan ulangan harian. Data dianalisis menggunakan uji t (test “t”).
Hasil penelitian menujukkan bahwa thitung > ttabel (3,457 > 2,021) yang berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran ARCS terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X SMA Negeri 13 Samarinda pada pokok bahasan ikatan kimia.
Kata kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran ARCS, Kemampuan kognitif.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 SAMARINDA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Pengarang KADRIANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua