PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 SAMARINDA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Model pembelajaran ARCS adalah model pembelajaran yang bertujuan untuk memotivasi dan memberikan kepercayaan diri siswa dalam mempelajari suatu materi sehingga akan meningkatkan kemampuan kognitif siswa oleh karena itu dilakukan penelitian dengan judul "Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Samarinda Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia ".
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 13 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen, dengan menjadikan kelas X-3 dan kelas X-2 sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai pengontrol. Data dikumpulkan melalui post test 1, post test 2 dan ulangan harian. Data dianalisis menggunakan uji t (test âtâ).
Hasil penelitian menujukkan bahwa thitung > ttabel (3,457 > 2,021) yang berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran ARCS terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X SMA Negeri 13 Samarinda pada pokok bahasan ikatan kimia.
Kata kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran ARCS, Kemampuan kognitif.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 SAMARINDA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 |
---|---|
Pengarang | KADRIANI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY