Detail Cantuman Kembali
ALI HUSNI - Personal Name

PSIKOANALISIS CARL GUSTAV JUNG DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA

Ali Husni. NIM 1705076008, Psikoanalisis Carl Gustav Jung dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman (dibimbing oleh. Prof. Dr. H. Susilo, M.Pd dan Dr. Mohammad Ilyas, M.Pd.)
badian tokoh utama, mengetahui dan mendeskripsikan Dinamika kepribadian tokoh utama, Mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan kepribadian tokoh utama dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (qualitative research). Metode penelitian kualitatif ini digunakan karena data penelitian berupa paragraf, kalimat, dan kata. Metode kualitatif memberikan perhatian terhadap data ilmiah, data dalam hubungannya dengan konteks keberadaannya, maka dalam penelitian ini penulis memaknai data penelitian yang sudah diperoleh. Pendekatan dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra.
Hasil penelitian dapat disimpulkan tergambar kesadaran dan ketidaksadaran pada tokoh utamanya, tokoh utama. Dalam beberapa kutipan novel tokoh utama memiliki kesadaran pada saat dia bertindak mengikuti pikirannya yang logis sehingga tokoh utama selalu berpikir ketika akan melakukan sesuatu dia merasakan bahwa Sesuatu yang disadarinya tersebut membuatnya ikut prihatian, memiliki rasa kecemasan dan kadang mengalami penyelesan kepada dirinya. Sebaliknya pada kepribadian ketidaksadaran yang dimiliki tokoh utama, dia memiliki kemampuan berfikir dan menalar kondisi orang-orang disekelilingnya sehingga dia mampu mencerna setiap kekurangan dan kelebihan pada dirinya sendiri. Hal ini karena pengaruh kejiwaannya ketika menghadapi suatu masalah pada diri tokoh utama. Kadang tokoh utama dapat mengontrol dirinya, kadang juga tokoh utama tidak dapat mengontrol dirinya terutama ketika kecemasannya pada penyiksaan temannya, dan pada sisi lain menimbulkan sikap pertahanan yang baik, untuk meloloskan diri dari siksaan temannya tersebut. Struktur kepribadian yang dikaji oleh Carl Gustav Jung semuanya terdapat pada diri tokoh utama. Struktur kepribadian berupa kesadaran, ketidaksadaran dan ketidaksadaran kolektif (persona, bayangan, dan animus) yang tergambar pada diri tokoh utama.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PSIKOANALISIS CARL GUSTAV JUNG DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA
Pengarang ALI HUSNI - Personal Name
No. Panggil TESIS ALI p 2021
Subyek Psikoanalisis
Aspek kepribadian
dinamika kepribadian dan perkembangan kepribadian
Novel Laskar Pelang
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Magister Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua