Detail Cantuman Kembali
Ceceh Pratiwi - Personal Name

Pengaruh Limbah Air Kolam Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Terhadap Pertumbuhan Bayam Merah (Alternanthera amoena Voss.) Dengan Sistem Aquaponik Rakit Apung Sederhana (Sebagai Penunjang Praktikum Materi pertumbuhan dan Perkembangan Pada Tumbuhan)

Ceceh Pratiwi. 2021. Pengaruh Limbah Air Kolam Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Bayam Merah (Alternanthera amoena Voss.) Dengan Sistem Aquaponik Rakit Apung Sederhana (Sebagai Penunjang Praktikum Materi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan) dibawah bimbingan Dr. Elsje Theodora Maasawet, M.Pd dan Prof. Dr. Makrina Tindangen, M.Pd selaku pembimbing I dan II. Penelitian ini memanfaatkan limbah air kolam ikan nila yang dapat menghasilkan unsur hara N, P, K, Ca, dan Mg sebagai nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman bayam merah (Alternanthera amoena Voss.).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari limbah air kolam ikan Nila (Oreochromis niloticus) terhadap pertumbuhan bayam merah (Alternanthera amoena Voss.) dengan menggunakan sitem aquaponik rakit apung sederhana . Terdiri dari 4 perlakuan dan 6 ulangan dengan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap, masing-masing diperoleh melalui Uji Anava (Analisis Varian) dan dilanjutkan dengan Uji BNT (Beda Nyata Terkecil) pada taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh limbah air kolam ikan nila (Oreochromis niloticus) terhadap pertumbuhan bayam merah (Alternanthera amoena Voss.). Pada perlakuan dengan jumlah 15 ekor ikan nila (Oreochromis niloticus) menghasilkan data yang paling baik yakni rata-rata tanaman tertinggi sebesar 37 cm, rata-rata jumlah daun sebesar 7 helai, rata-rata diameter batang 1,16 cm, dan rata-rata berat basah 35 gram. Sehingga, terdapat pengaruh limbah air kolam nila (Oreochromis niloticus) terhadap pertumbuhan bayam merah (Alternanthera amoena Voss.). Hasil pengamatan tinggi tanaman hari ke-30 setelah semai dengan nilai Fhitung (37,7) > Ftabel (3,1), jumlah daun dengan nilai Fhitung (10,6) > Ftabel (3,1), diameter batang saat panen dengan nilai Fhitung (176,3) > Ftabel (3,1)dan berat basah tanaman saat panen dengan nilai Fhitung (14,9) > Ftabel (3,1).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Limbah Air Kolam Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Terhadap Pertumbuhan Bayam Merah (Alternanthera amoena Voss.) Dengan Sistem Aquaponik Rakit Apung Sederhana (Sebagai Penunjang Praktikum Materi pertumbuhan dan Perkembangan Pada Tumbuhan)
Pengarang Ceceh Pratiwi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI CEC p 2021
Subyek Limbah Air Kolam Ikan Nila (Oreochromis niloticus)
Pertumbuhan Bayam Merah (Alternanthera amoena Voss
Aquaponik Rakit Apung Sederhana
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua