Detail Cantuman Kembali
Jefi Maliku - Personal Name

PREDIKSI JUMLAH PERMINTAAN SEMEN JENIS PCC MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO (STUDI KASUS PACKING PLANT PT. SEMEN TONASA PALARAN)

Masalah pengelolaan stok bahan baku merupakan permasalahan yang selalu dihadapi para pengambil keputusan, seperti yang dialami oleh perusahaan Packing Plant PT. Semen Tonasa Palaran dalam memperhitungkan stok bahan baku semen jenis PCC (Portland Composite Cement) akibat dari tingginya minat konsumen pada jenis semen tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat untuk memprediksi jumlah permintaan semen jenis PCC pada perusahaan Packing Plant PT. Semen Tonasa Palaran dalam satu tahun kedepan(2020) dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara secara langsung dengan pihak Packing Plant PT. Semen Tonasa Palaran. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah semen jenis PCC, mulai dari bulan januari 2015 – desember 2019. Dalam penelitian ini digunakan metode MAPE untuk menghitung nilai error atau akurasi ketepatan hasil peramalan. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto didapatkan nilai MAPE sebesar 2% untuk tahun 2020, sehingga dapat dipastikan bahwa prediksi permintaan semen jenis PCC pada tahun 2020 memiliki akurasi prediksi yang sangat baik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PREDIKSI JUMLAH PERMINTAAN SEMEN JENIS PCC MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO (STUDI KASUS PACKING PLANT PT. SEMEN TONASA PALARAN)
Pengarang Jefi Maliku - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JEF p 2021
Subyek Prediksi, Semen, MAPE, Tsukamoto
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua