Detail Cantuman Kembali
SELVIANA REZKIYANI - Personal Name

PERAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) DALAM PELESTARIAN BIOTA LAUT DI KABUPATEN BERAU (Studi pada LSM Konservasi “Biota Laut Berau” Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau)

SELVIANA REZKIYANI, Program Studi S1 Pembangunan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Dalam Pelestarian Biota Laut di Kabupaten Berau (Studi pada LSM Konservasi “Biota Laut Berau” Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau). Bimbingan ibu Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, MS sebagai pembimbing I dan Bapak Drs. H. Badruddin Nasir, M.Si sebagai pembimbing II.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Konservasi “Biota Laut Berau” dalam pelestarian biota laut di Kabupaten Berau dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Lembaga Swadaya Masyarakat Konservasi “Biota Laut Berau” dalam pelestarian Biota Laut di Kabupaten Berau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Purpossive Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif bertujuan mendeskripsikan secara mendalam bagaimana peran LSM Konservasi “Biota Laut Berau” dalam melestarikan biota laut Berau agar tetap lestari.
Hasil penelitian ini menunjukkan peran LSM Konservasi “Biota Laut Berau”dalam melestarikan biota laut Berau yaitu melalui tiga peran. Pertama; Peran sebagai Pembina yaitu membina masyarakat dengan memberikan edukasi, mengajarkan dalam hal penggunaan bahan kerajinan tangan dari bahan ramah lingkungan dibuat menjadi cendramata dan telah berhasil dipasarkan. Kedua; Peran sebagai Motivator yaitu memotivasi setiap anggota LSM Konservasi “Biota Laut Berau” dan masyarakat agar tetap melakukan kegiatan yang positif dan tidak memilih milih pekerjaan dalam meningkatkan perekonomian dengan mendorong masyarakat untuk mengikuti pelatihan (kerajinan tangan, Pendidikan Bahasa inggris, promosi wisata).
Ketiga; Peran sebagai Fasilitator dengan menjadi media penggerak untuk menggerakkan masyarakat agar menjaga lingkungan dengan mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah, membuat brosur, menyebarkan di media massa. Faktor pendukung dalam pelestarian biota laut di Kabupaten Berau yaitu, tekad yang kuat dari anggota LSM yang konsisten untuk melakukan pelestarian biota laut di Kabupaten Berau. Kemudian, Faktor penghambat yaitu, pandangan masyarakat yang masih menganggap keberadaan LSM Konservasi “Biota Laut Berau” mengganggu masyarakat serta minimnya pengetahuan dan kepedulian masyarakat.
Kata Kunci : Peran, LSM, Pelestarian, Biota Laut.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) DALAM PELESTARIAN BIOTA LAUT DI KABUPATEN BERAU (Studi pada LSM Konservasi “Biota Laut Berau” Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau)
Pengarang SELVIANA REZKIYANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SEL p 2021
Subyek Peran, LSM, Pelestarian, Biota Laut.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan PEMBANGUNAN SOSIAL
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua