PENGARUH RESPON PENGGUNAAN MEDIA GAME EDUKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SAMARINDA
Dalam menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas ditengah pembelajaran jarak jauh (online), guru terkadang mengalami kesulitan dalam menerangkan materi pembelajaran, terlebih dalam pelajaran Fisika. Melalui penggunaan media game edukasi Quizizz dapat membantu siswa memahami materi Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh respon penggunaan media game edukasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan sampel kelas XI MIPA 1 sebanyak 36 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one shot case study design. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes akhir yang kemudian dianalisis menggunakan uji analisis regresi sederhana serta angket untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media game edukasi Quizizz. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada kelas XI MIPA 1 diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 87,92 yang termasuk dalam kriteria tinggi. Berdasarkan hasil analisis angket menunjukkan bahwa respon siswa termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 88,9%. Hal ini di dukung dengan hasil uji analisis regresi linier sederhana yang memperoleh nilai signifikan 0,034 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 sehingga terdapat pengaruh respon penggunaan media game edukasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu, kalor dan perpindahan kalor di SMA Negeri 3 Samarinda. Pembelajaran seluruhnya dilakukan dalam jarak jauh (online) akibat adanya pandemi covid-19, sehingga pembelajaran tatap muka dilakukan melalui aplikasi zoom dan googgle classroom.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH RESPON PENGGUNAAN MEDIA GAME EDUKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | TRIYANA MEIRLIN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI TRI p 2021 |
Subyek | Hasil Belajar Media Game Edukasi Quizizz Pembelajaran Jarak Jauh |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY