Hubungan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler dengan prestasi belajar Siswa di SMA Negeri 4 Samarinda
Mikel Jeksen, 2018. Hubungan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler dengan prestasi belajar Siswa di SMA Negeri 4 Samarinda. Pembimbing I, Ruriy Muslifar, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II, Artiyan Dwiyana, S.Pd., M.Pd.
Keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler akan mendapatkan manfaat dari kegiatan yang diikutinya dengan menambah kemampuan untuk bersosialisasi dengan teman maupun guru dalam mengikuti proses belajar mengajar dengan baik, sehingga dapat mencapai prestasi yang tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah hubungan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018?”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian koresional yang terdiri dari dua variabel yaitu keaktifan siswa sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 4 Samarinda yang aktif mengikuti kegiatan ektrakurikuler sebanyak 150 siswa, dan peneliti mengambil sampel sebesar 10% yang berjumlah 60 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala keaktifan siswa sebagai metode pokok, kuesioner dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus interval, rumus persentase dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian Keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 4 Samarinda dalam kategori Sangat Tinggi 38,3% dengan jumlah responden 23, kategori Tinggi 60% dengan 36 responden, kategori Cukup 1,7% dengan 1 responden. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler SMA Negeri 4 Samarinda termasuk dalam kategori Sangat Tinggi. Prestasi belajar siswa SMA Negeri 4 Samarinda dalam kategori tinggi 81,7% sebanyak 49 responden, sedangkan katagori kurang 18,3% sebanyak 11 responden. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 4 Samarinda termasuk dalam kategori tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai rhitung 0,276 > rtabel 0,195. Nilai Sig. 0,004 < taraf signifikansi 0,05.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Hubungan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler dengan prestasi belajar Siswa di SMA Negeri 4 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Mikel Jeksen - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MIK h 2020 |
Subyek | Prestasi Belajar Keaktifan Siswa |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bimbingan dan Konseling |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY