Detail Cantuman Kembali
Natalia Masirri - Personal Name

Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Online Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif di TK Anak Bangsa Samarinda di Masa Pandemi Covid-19

Natalia Masirri, 2021. Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Online Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif di TK Anak Bangsa Samarinda di Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hasbi Sjamsir, M.Hum selaku pembimbing I dan Masnurrima Heriansyah, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Penggunaan media aplikasi online dalam pembelajaran merupakan strategi dalam terlaksananya pembelajaran daring saat ini, terkhusus para guru TK Anak Bangsa yang menyatakan bahwa pembelajaran online, kemampuan ICT (Information and Communication Technology) dalam pembelajaran daring yang guru lakukan sangat terbatas dalam tinjauan penyampaian materi serta pelaksanaan pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru terhadap penggunaan media pembelajaran online untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dan hambatan guru dalam pembelajaran online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dengan tiga guru kelas dan kepala sekolah dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menggunakan media WhatsApp tidak efektif untuk pembelajaran anak usia dini (2) rancangan pembelajaran dengan menggunakan media android seperti membuat video tutorial, (3) masih ada orang tua yang belum memiliki android, (4) tidak bisa mengontrol perkembangan anak, (5) kendala jaringan dan kuota, (6) tidak adanya interaksi, (7) terkadang materi yang disampaikan tidak sejalan dengan apa yang ditargetkan, (8) guru tidak bisa berkreasi karena bahannya terbatas. Kesimpulan dari hasil tersebut adalah persepsi guru merupakan gambaran adaptasi guru dalam pembelajaran daring serta kemampuan menunjukkan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran, pembelajaran online tidak cocok untuk AUD, tidak menarik, terbebani kuota dan tujuan pembelajarannya tidak efektif.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Online Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif di TK Anak Bangsa Samarinda di Masa Pandemi Covid-19
Pengarang Natalia Masirri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAT p 2021
Subyek kemampuan kognitif
Media Pembelajaran IT, Persepsi Guru
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua