Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Online Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif di TK Anak Bangsa Samarinda di Masa Pandemi Covid-19
Natalia Masirri, 2021. Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Online Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif di TK Anak Bangsa Samarinda di Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hasbi Sjamsir, M.Hum selaku pembimbing I dan Masnurrima Heriansyah, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Penggunaan media aplikasi online dalam pembelajaran merupakan strategi dalam terlaksananya pembelajaran daring saat ini, terkhusus para guru TK Anak Bangsa yang menyatakan bahwa pembelajaran online, kemampuan ICT (Information and Communication Technology) dalam pembelajaran daring yang guru lakukan sangat terbatas dalam tinjauan penyampaian materi serta pelaksanaan pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru terhadap penggunaan media pembelajaran online untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dan hambatan guru dalam pembelajaran online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dengan tiga guru kelas dan kepala sekolah dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menggunakan media WhatsApp tidak efektif untuk pembelajaran anak usia dini (2) rancangan pembelajaran dengan menggunakan media android seperti membuat video tutorial, (3) masih ada orang tua yang belum memiliki android, (4) tidak bisa mengontrol perkembangan anak, (5) kendala jaringan dan kuota, (6) tidak adanya interaksi, (7) terkadang materi yang disampaikan tidak sejalan dengan apa yang ditargetkan, (8) guru tidak bisa berkreasi karena bahannya terbatas. Kesimpulan dari hasil tersebut adalah persepsi guru merupakan gambaran adaptasi guru dalam pembelajaran daring serta kemampuan menunjukkan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran, pembelajaran online tidak cocok untuk AUD, tidak menarik, terbebani kuota dan tujuan pembelajarannya tidak efektif.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Online Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif di TK Anak Bangsa Samarinda di Masa Pandemi Covid-19 |
---|---|
Pengarang | Natalia Masirri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NAT p 2021 |
Subyek | kemampuan kognitif Media Pembelajaran IT, Persepsi Guru |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY