Detail Cantuman Kembali

Implementasi Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat Dalam Pembangunan Wilayah Berkelanjutan (Studi Kasus Kelurahan Tenun Kota Samarinda)

Muhammad Rahadian Adi Sapta, Implementasi Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat Dalam Pembangunan Wilayah Berkelanjutan (Studi Kasus Kelurahan Tenun Kota Samarinda), dibimbing oleh Bapak Zulkarnain, sebagai Pembimbing Utama dan Bapak Tamrin Rahman sebagai Pembimbing Pendamping.
Permasalahan sanitasi di perkotaan sekarang ini menjadi sangat penting. Solusi dalam penyediaan prasarana dan sarana tersebut melalui Program Sanimas yang menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan keberhasilan pelaksanaan program Sanimas di Kelurahan Tenun Kota Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di daerah Kelurahan Tenun Kecamatan Samarinda Seberang dan waktu pelaksanaan penelitian Bulan Desember 2020 sampai Januari 2021.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mplementasi program sanitasi berbasis masyarakat di Kelurahan Tenun Kelurahan Tenun Samarinda dapat dilaksanakan hanya pada saat proyek masih dalam proses / sedang berjalan, setelah itu pelaksanaan program tidak berlanjut lagi / berhenti, hal ini disebabkan tidak ada pemeliharaan berkelanjutan dan anggaran pembiayaan untuk pemeliharaan berkelanjutan. Perlu adanya kerjasama dalam koordinasi antara Pemerintah, investor swasta, akademisi dan peran serta masyarakat dalam hal penataan dan pemeliharaan di kawasan Kelurahan Tenun Kota Samarinda, pembiayaan untuk pemeliharaan fasilitas berkelanjutan dan peran serta organisasi masyarakat dalam penataan dan pemeliharaan berkelanjutan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Implementasi Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat Dalam Pembangunan Wilayah Berkelanjutan (Studi Kasus Kelurahan Tenun Kota Samarinda)
Pengarang Muhammad Rahadian Adi Sapta - Personal Name
No. Panggil TESIS MUH i 2021
Subyek Implementasi, Program Sanitasi Berbasis Masyarakat
sanitasi, lingkungan, masyarakat, berkelanjutan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit PASCASARJANA
Jurusan Magister Ilmu Lingkungan Konsentrasi Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua