Detail Cantuman Kembali
NUR ROSYAD ARGIZA RAHMAN - Personal Name

PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID BERBASIS GAME EDUKATIF SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS X MULTIMEDIA SMK TI AIRLANGGA SAMARINDA (Materi Suhu dan Kalor)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi android berbasis game edukatif yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh materi pelajaran yang sulit dipahami, nilai hasil belajar yang belum mencapai KKM, serta masih kurangnya penggunaan smartphone sebagai alat edukasi. Penelitian yang tergolong dalam jenis penelitian R&D (Research and Development) ini, menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Untuk memperoleh data kevalidan, angket diisi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi yang mendapatkan persentase kevalidan sebesar 92,41% yang masuk dalam kategori sangat valid. Lalu, untuk memperoleh data kepraktisan, angket diberikan kepada mahasiswa, siswa dan praktisi yang menghasilkan presentase kepraktisan sebesar 85% dengan kategori baik. Sedangkan data keefektifan didapat melalui nilai pre-test dan post-test siswa. Berdasarkan tes tersebut diperoleh nilai rata-rata pre-test 40,29 dengan 25,53% ketuntasan, dan rata-rata post-test 71,47 dengan 67,65% ketuntasan. Dari nilai tersebut diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,52 yang termasuk dalam kategori sedang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID BERBASIS GAME EDUKATIF SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS X MULTIMEDIA SMK TI AIRLANGGA SAMARINDA (Materi Suhu dan Kalor)
Pengarang NUR ROSYAD ARGIZA RAHMAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR p 2021
Subyek Pengembangan, Aplikasi Android
Game Edukatif, Suhu dan Kalor
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Fisika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua