Detail Cantuman Kembali

DETERMINAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI KALIMANTAN TIMUR

z Pengangguran di Kalimantan Timur (Kaltim) menurun secara umum meski sektor pertambangan (penggalian) yang dominan di Kaltim selama 10 (sepuluh) tahun terakhir mengalami fluktuasi (akibat gejolak harga pasar internasional) seiring pertumbuhan ekonomi yang tidak stabil & mengalami pertumbuhan negatif pada 2015-2016. Hal ini diikuti oleh fluktuasi APBD Kaltim secara umum. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kaltim justru mengalami peningkatan konstan diiringi penurunan kemiskinan.
Tujuan penelitian ini guna mengetahui seberapa jauh pengaruh Tingkat Pengangguran Terbuka, Pertumbuhan Ekonomi, Alokasi APBD Sektor Kesehatan (Determinan IPM) terhadap IPM serta implikasinya terhadap Tingkat Kemiskinan di Kaltim dengan berpijak pada Teori Pembangunan dan Teori Kemiskinan. Studi ini menggunakan analisis kuantitatif melalui alat uji analisa jalur dengan bantuan program SPSS versi 16 dan data sekunder yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Timur serta Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalimantan Timur (2010- 2019).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh negatif & signifikan terhadap IPM adalah Tingkat Pengangguran Terbuka, sementara Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh positif dan tidak signifikan. Variabel Alokasi APBD Sektor Kesehatan berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Variabel yang berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Tingkat Kemiskinan secara langsung adalah variabel IPM dan Alokasi APBD Sektor Kesehatan, sementara Tingkat Pengangguran Terbuka dan Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh positif dan tidak signifikan. S
imultan terhadap Tingkat Kemiskinan variabel yang berpengaruh positif dan tidak signifikan adalah Tingkat Pengangguran Terbuka sementara variabel IPM, Pertumbuhan Ekonomi serta Alokasi APBD Sektor Kesehatan berpengaruh negatif & tidak signifikan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul DETERMINAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI KALIMANTAN TIMUR
Pengarang I WAYAN PRAJNA SATYA DHARMA - Personal Name
No. Panggil TESIS IWA d 2020
Subyek Tingkat Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia
Tingkat Pengangguran Terbuka
Pertumbuhan Ekonomi & Alokasi APBD Sektor Kesehata
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan Magister Ilmu Ekonomi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua