Detail Cantuman Kembali
Yuvita Jemeq - Personal Name

Gambaran Kehidupan Bissu dalam Novel Tiba Sebelum Berangkat Karya Faisal Oddang: Kajian Sosiologi Sastra

Yuvita Jemeq, 2021. Gambaran Kehidupan Bissu dalam Novel Tiba Sebelum Berangkat Karya Faisal Oddang: Kajian Sosiologi Sastra. Skripsi, Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman, Pembimbing I: Dr. Yusak Hudiyono,M.Pd; Pembimbing II: Norma Atika Sari, M.Hum.

Kata Kunci: novel, bissu, sosiologi sastra

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan fakta cerita yang meliputi alur, tokoh dan latar. Kedua, mendeskripsikan gambaran kehidupan Bissu yang terdapat dalam novel Tiba Sebelum Berangkatkarya Faisal Oddang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi sastra Ian Watt. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian berupa kata, frasa dan kalimat yang terdapat dalam novel Tiba Sebelum Berangkat. Teknik pengumpulan data yaitu teknik membaca dan mencatat. Untuk menganalisis digunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwaanalisis fakta cerita menemukan alur dalam novel tersebut yakni alur campuran karena pada cerita prolog pertama dihadapkan kembali pada kisah masa lalu Mapata kemudian cerita berakhir dengan penyelesaian peristiwa masa kini.Tokoh dalam novel tersebut terdiri atas tokoh utama Mapata dan empat tokoh tambahan yaitu, Ali Baba, Sumiharjo, Batari, dan Puang Matua Rusmi. Latar tempat dalam novel tersebut (a) rumah arajang, (b) ruang bawah tanah, (c) rumah sakit. Latar waktu yakni (a) tiga hari dalam ruang penyekapan (b) hari kedelapan Mapata diselamatkan polisidan latar sosial-budaya yakni kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan Batari dan Mapata di lingkungan sosial masyarakat. Gambaran kehidupan Bissu yang terdapat dalam novel Tiba Sebelum Berangkatmenceritakan tentang seorang mantan Bissu yang diposisikan pengarang sebagai penghubung dalam sebuah ingatan peristiwa demi peristiwa sejarah. Mapata berusaha mengungkapkan fakta historis kondisi keberadaan Bissu yang mengalami berbagai penolakan di tengah masyarakat Bugis, Sulawesi Selatan. Bermula pada tahun 1950an terjadi pemberontakandan penolakan yang dilakukan DI/TII terhadap komunitas Bissu. Kelompok DI/TII menolak kehadiran Bissu di tengah masyarakat karena menganggap kepercayaan yang dianut kaum Bissu tidak sejalan dengan ajaran Islam.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Gambaran Kehidupan Bissu dalam Novel Tiba Sebelum Berangkat Karya Faisal Oddang: Kajian Sosiologi Sastra
Pengarang Yuvita Jemeq - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YUV g 2021
Subyek novel, bissu, sosiologi sastra
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua