Detail Cantuman Kembali
YULISA INDRASWARA - Personal Name

KERAGAAN DAN SELEKSI GALUR F3 SILANG PUNCAK PANDAN UNGU/KAMBANG//ROTI BERDASARKAN KARAKTER AGRONOMI PADA LAHAN SAWAH TADAH HUJAN DI DESA KARANG TUNGGAL KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaan agronomi galur F3 hasil persilangan Pandan Ungu/Kambang//Roti pada lahan tadah hujan dan memperoleh galur yang menunjukan keragaan agronomi yang diinginkan dari hasil silang puncak Pandan Ungu/Kambang//Roti pada lahan tadah hujan serta mengetahui pola segregasi dan banyaknya gen yang berperan. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk mengetahui sebaran data. Selain itu, uji Chi-Kuadrat dilakukan untuk mengetahui jumlah gen yang terlibat dan kesesuaian dengan hukum Mendel.
Karakter-karakter yang diamati adalah tinggi tanaman, warna daun, warna pelepah, panjang daun, lebar daun, jumlah anakan total dan produktif, panjang malai, jumlah gabah total per malai, jumlah gabah isi per malai, berat 100 butir, berat gabah total per rumpun, dan umur panen. Penelitian ini dilakukan di lahan sawah tadah hujan Desa Karang Tunggal, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara sejak bulan Mei hingga September 2020.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keragaan cukup besar pada karakter panjang daun, jumlah anakan total, jumlah anakan produktif, jumlah gabah isi per malai, dan berat gabah perumpun. Diperoleh 203 galur pada karakter jumlah anakan lebih dari 25 batang dan 276 galur pada karakter umur panen sangat genjah. Pola segregasi 3:1 pada karakter warna daun, warna pelepah daun, dan panjang malai. Keragaan tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun, jumlah anakan produktif, jumlah gabah total per malai, berat 100 butir, berat gabah total per rumpun, serta umur panen tidak memenuhi nisbah Mendel.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KERAGAAN DAN SELEKSI GALUR F3 SILANG PUNCAK PANDAN UNGU/KAMBANG//ROTI BERDASARKAN KARAKTER AGRONOMI PADA LAHAN SAWAH TADAH HUJAN DI DESA KARANG TUNGGAL KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG
Pengarang YULISA INDRASWARA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YUL k 2021
Subyek Pandan Ungu/Kambang//Roti, Keragaan, Seleksi, F3,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua