Detail Cantuman Kembali
DELVINA DWIANI SAMJAR - Personal Name

IDENTIFIKASI SENJATA TRADISIONAL MANDAU SUKU DAYAK BERDASARKAN EKSTRAKSI FITUR BENTUK DAN TEKSTUR DENGAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

Mandau adalah senjata tajam sejenis parang yang berasal dari kebudayaan suku Dayak di Kalimantan. Mandau sendiri memiliki banyak jenis ukiran bermotif yang berbeda di setiap khas suku Dayak masing-masing. Keragaman rumpun dan sub suku Dayak menghasilkan beragam jenis Mandau yang memiliki kemiripan satu dengan yang lain. Kebanyakan masyarakat Indonesia tidak bisa membedakan jenis Mandau yang ada karena kurang nya pengetahuan tentang Mandau tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis mandau dengan menerapkan metode Support Vector Machine (SVM) untuk klasifikasi berdasarkan ekstraksi fitur bentuk dan tekstur. Dari ekstraksi fitur bentuk menggunakan parameter eccentricity dan metric. Untuk ekstraksi fitur tekstur menggunakan parameter contrast, correlation, energy, dan homogeneity. Dari ekstraksi fitur tersebut akan didapatkan 6 parameter yang digunakan untuk proses klasifikasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada 4 jenis Mandau yaitu Mandau Benuaq, Mandau Kenyah, Mandau Mahah dan Mandau Tunjung dengan masing-masing Mandau 24 citra dan jumlah data keseluruhan adalah 96 citra. Hasil evaluasi pengujian sebanyak 3 kali secara keseluruhan dapat dilihat bahwa dengan pengujian 80% dari 96 citra Mandau dihasilkan akurasi sebesar 82% dengan menggunakan kernel linear, Gaussian/RBF dan Polynomial. Untuk Rata-rata akurasi jenis kernel pada 3 kali pengujian nilai akurasi tertinggi yaitu pada kernel Polynomial dengan akurasi sebesar 87%, dan untuk rata-rata akurasi berdasarkan 3 kali pengujian terbaik dan penggunaan kernel terbaik dihasilkan sebesar 85%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IDENTIFIKASI SENJATA TRADISIONAL MANDAU SUKU DAYAK BERDASARKAN EKSTRAKSI FITUR BENTUK DAN TEKSTUR DENGAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
Pengarang DELVINA DWIANI SAMJAR - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DEL i 2021
Subyek GLCM
pengolahan citra digital
Pengolahan Citra, CIELAB, Thresholding, Segmentasi
Support Vector Machine
Eccentricity Metric
Identifikasi Senjata Tradisional Mandu
Senjata Tradidional
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua