Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD ALDO AL ADZAN - Personal Name

Pemanfaatan Google Classroom Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS 1 di SMA Negeri 2 Berau

Muhammad Aldo Al Adzan, 2021. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Pemanfaatan Google Classroom Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS 1 di SMAN 2 Berau. Dibimbing oleh Muhammad Azmi, M.Pd. selaku pembimbing I dan kepada Ibu Ummi Hafilda Hakim, M.Pd. selaku pembimbing II.
Pembelajaran sejarah di kelas X IPS 1 yang dilaksanakan pada SMAN 2 Berau saat ini menggunakan pembelajaran daring. Salah satu media pembelajaran yang mulai digunakan adalah pemanfaatan google classroom dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, proses dan evaluasi pembelajaran sejarah menggunakan google classroom di kelas X IPS 1. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif metode deskriptif. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan google classroom dalam pembelajaran sejarah kelas X IPS 1 sudah terlaksana dengan baik, hal ini mulai dari perencanaan, proses, hingga pemanfaatan google classroom dalam tahap evaluasi pembelajaran. Guru telah memanfaatkan google classroom dengan baik dalam perencanaan pembelajaran dibuktikan dengan adanya program tahunan, program semester, dan RPP daring menggunakan media pembelajaran google classroom. Google classroom dimanfaatkan dalam hal memberikan absen, menyampaikan materi, tugas, dan penilaian. Pada tahap evaluasi pembelajaran guru menggunakan dua jenis bentuk tes yaitu tes dan non tes. Pemanfaatan google classroom dengan baik didukung oleh beberapa faktor seperti ketersediaan akses internet, handphone, wifi, dan laptop. Namun pemanfaatan google classroom masih perlu mendapat perhatian untuk menjadi pertimbangan karena ada beberapa faktor penghambat yaitu listrik padam, gangguan pada jaringan internet dan terkadang aplikasi google classroom mengalami error.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pemanfaatan Google Classroom Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS 1 di SMA Negeri 2 Berau
Pengarang MUHAMMAD ALDO AL ADZAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2021
Subyek Pemanfaatan Google Classroom, Pembelajaran Sejarah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Sejarah
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua