Detail Cantuman Kembali
MAYA SRI PUSPA - Personal Name

Perubahan Pelaksanaan Perayaan Tradisi Buang Na’as di Kampung Talisayan Kecamatan Talisayan Kabupaten Berau

MAYA SRI PUSPA, Program Studi Pembangunan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Perubahan Pelaksanaan Perayaan Tradisi Buang Na’as di Kampung Talisayan Kecamatan Talisayan Kabupaten Berau. Bimbingan Ibu Dr. Sukapti, M.Hum sebagai pembimbing I dan Bapak Sarifudin, S.Sos, M.Si sebagai pembimbing II.
Kebudayaan merupakan suatu hal yang harus dijaga dan dilestarikan, dalam upaya pelestariannya kebudayaan akan mengalami berbagai perubahan dan komodifikasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perayaan dan menjelaskan dinamika perubahan pada perayaan Tradisi Buang Na’as di Kampung Talisayan. Konsep dan teori penelitian ini adalah konsep modernisasi perubahan budaya (dari sakral ke profan) dan teori bentuk komodifikasi menurut Vincent Mosco (1996) yang menjelaskan 3 bentuk komodifikasi yaitu: komodifikasi isi, komodifikasi audiens/khalayak dan komodifikasi pekerja. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Teknik Purpossive Sampling dengan metode wawancara dan observasi di lapangan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berfokus pada proses perayaan dan nilai-nilai yang terkandung.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya bentuk komodifikasi pada perubahan Tradisi Buang Na’as yaitu: komodifikasi terhadap isi budaya (perayaan, prosesi simbolik, waktu, alat dan bahan) sehingga menghilangkan beberapa nilai religi yang bergeser menjadi produk wisata, komodifikasi terhadap khalayak/audiens yang cakupannya meningkat dari warga Talisayan menjadi wisatawan luar daerah dan asing, lalu komodifikasi terhadap pekerja yang biasanya dipimpin oleh ketua adat dan sekarang bekerja sama dengan pihak pemerintahan.
Komodifikasi menyebabkan perayaan Tradisi Buang Na’as memiliki pemanfaatan pada bidang ekonomi dan pariwisata.
Kata Kunci : Perubahan, Budaya, Komodifikasi, Tradisi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Perubahan Pelaksanaan Perayaan Tradisi Buang Na’as di Kampung Talisayan Kecamatan Talisayan Kabupaten Berau
Pengarang MAYA SRI PUSPA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAY p 2021
Subyek Perubahan, Budaya, Komodifikasi, Tradisi.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan PEMBANGUNAN SOSIAL
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua