Detail Cantuman Kembali
Winarti - Personal Name

Pengembangan Media Pembelajaran dengan Pendekatan Model Planning Production and Evaluation di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 15 Samarinda

Winarti, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Pendekatan Model Planning, Production, and Evaluation di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 15 Samarinda. Skripsi ini dibimbing oleh Ibu Dr. Rusdiana, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Andi Rustandi, S.Kom, M.Ti, MH selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan pendekatan model planning, production, and evaluation (PPE) di Sekolah Menengah Kejuruan 15 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah PPE yang terdiri dari Planning (Perencanaan), Production (produksi), dan Evaluation (evaluasi). Pada tahap perencanaan dilakukan analisis kebutuhan dengan studi lapangan dan penelitian relevan, kemudian tahap produksi dengan mendesain flowchart dan storyboard. Setelah itu, dikembangkan dengan desain yang telah dibuat dan pada tahap evaluasi media pembelajaran divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner/angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Pada penelitian pengembangan ini yang menjadi subjek penelitian adalah tiga ahli media dan satu ahli materi, serta objek penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Android pada pelajaran Animasi 2 dimensi dan 3 dimensi (A2D&3D).
Hasil penelitian ini adalah (1) hasil pengembangan berupa media pembelajaran berbasis Android pada pelajaran Animasi 2 dimensi dan 3 dimensi yang terdiri dari enam komponen utama yaitu kompetensi dasar, materi, video, evaluasi, profil, dan petunjuk. (2) hasil evaluasi atau validasi kelayakan produk dari 3 ahli media dengan 7 indikator mendapatkan nilai total skor 212 dengan rata-rata skor 70,67 dan mendapatkan kategori “Sangat Layak”. Penilaian kelayakan dari ahli materi dengan 5 indikator mendapatkan nilai total skor 76 memperoleh rata-rata skor sebesar 76 dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian dari siswa dengan 10 indikator mendapatkan nilai total skor 755 dengan rata-rata 75,5 dengan kategori “Sangat Layak”. Kesimpulannya yaitu media pembelajaran ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran,

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Media Pembelajaran dengan Pendekatan Model Planning Production and Evaluation di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 15 Samarinda
Pengarang Winarti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI WIN p 2021
Subyek Media Pembelajaran
Android, PPE, A2D&3D
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua