UPAYA GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBINAAN MORAL PESERTA DIDIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 5 SAMARINDA
Yudi Adrianto Nugroho, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Upaya Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Pembinaan Moral Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 5 Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Asnar, M.Si selaku Pembimbing I dan Ibu Novita Majid, M.Pd selaku Pembimbing II.
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembinaan moral peserta didik selama pandemi covid-19 di SMP Negeri 5 Samarinda.
Jenis penelitian yang di gunakan deskriptif kualitatif, penelitian ini berfokus pada upaya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembinaan moral peserta didik selama pandemi covid-19 di SMP Negeri 5 Samarinda. Penelitian dilaksanakan bulan Januari 2021 sampai dengan Februari 2021. Teknik pelaksanaan penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian yaitu sumber data primer 7 Orang dan informan sebanyak 5 Orang. Sedangkan analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan upaya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembinaan moral peserta didik selama pandemi covid-19 di SMP Negeri 5 Samarinda sudah tepat dalam melakukan pembinaan moral peserta didik, pembinaan moral peserta didik berupa mengaitkan pelajaran yang sedang dibahas dengan moral yang berlaku di kehidupan sehari-hari, lalu guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan juga memberikan perhatian pendamping berupa pendekatan individu untuk membina moral peserta didik di SMP Negeri 5 Samarinda. Moral peserta didik di SMP Negeri 5 Samarinda cenderung baik, dan sanksi yang diberikan oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kepada peserta didik yang melakukan tindakan moral yang menyimpang berjalan dengan baik dan cukup efektif, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan memberikan sanksi berupa teguran-teguran yang sifatnya mengingatkan dan memaksa untuk peserta didik tersebut merubah sifatnya tersebut. Keteladanan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan selama pandemi covid-19 di SMP Negeri 5 Samarinda, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan selalu menjalankan kewajibannya yaitu mengajar tepat waktu dan selalu memeriksa hasil tugas peserta didik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | UPAYA GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBINAAN MORAL PESERTA DIDIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 5 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | YUDI ADRIANTO NUGROHO - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YUD u 2021 |
Subyek | Upaya Guru, Pembinaan Moral, Peserta Didik |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY