Detail Cantuman Kembali
Irwan Sahwana - Personal Name

Upaya Komisi Pemilihan (KPU) dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Umum Legisatif Tahun 2019 di Kabupaten Penajam Paser Utara

Irwan Sahwana, Program Pascasarjana Universitas Mulawarman, Juni 2020. Upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 Di Kabupaten Penajam Paser Utara dibawah bimbingan Dr. H. Muhammad Noor, M.Si selaku Pembimbing Utama dan Dr. H. Jamal Amin, M.Si Pembimbing Pendamping.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Faktor – faktor yang mempengaruhi keberhasilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum tahun 2019 di Kabupaten Penajam Paser Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan Kualitatif Informan dalam penelitian ini terdiri dari 4 orang yang terdiri dari Ketua KPU Kabupaten Penajam Paser Utara 1 Orang, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan 1 Orang, Komisioner Divisi Keuangan, Umum, Logistik dan Rumah tangga 1 Orang, Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM 1 Orang sehingga seluruh informan berjumlah 4 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya KPU Kabupaten Penajam Paser Utara untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu tahun 2019 antara lain Sosialisasi informasi dan pendidikan pemilih kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, dan tokoh pemuda, sosialisasi informasi dan pendidikan pemilih kepada pemilih pemula dangan format “Go to School”, Sosialisasi mobile, media sosial online, sosialisasi melalui media cetak dan media elektronik, sosialisasi melalui Baliho, pamflet dan stiker. Faktor yang mempengaruhi KPU dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum tahun 2019 di Kabupaten Penajam Paser Utara adalah Profiling kandidat, metode sosialisasi penyelenggara, hubungan koordinasi dan akurasi daftar pemilih (DPT).
Kata kunci : Partisipasi, Masyarakat, KPU, Pemilu.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Upaya Komisi Pemilihan (KPU) dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Umum Legisatif Tahun 2019 di Kabupaten Penajam Paser Utara
Pengarang Irwan Sahwana - Personal Name
No. Panggil TESIS IRW u 2020
Subyek Partisipasi, Masyarakat, KPU, Pemilu.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Magister Administrasi Publik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua