Detail Cantuman Kembali
Redicson Hasibuan - Personal Name

KEHADIRAN JENIS MAMALIA KECIL DI ARBORETUM PT MULTI HARAPAN UTAMA DESA JONGGON KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Redicson Hasibuan. Kehadiran Jenis Mamalia Kecil di Arboretum PT Multi Harapan Utama Desa Jonggon Kabupaten Kutai Kartanegara (dibimbing oleh Yaya Rayadin dan Rachmat Budiwijaya Suba).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehadiran jenis mamalia kecil di areal Reklamasi-Rehabilitasi PT Multi Harapan Utama dengan metode transek menggunakan perangkap hidup. Pengambilan data dilakukan pada 2 zona, pada zona edukasi menggunakan 5 perangkap, dan pada zona konservasi menggunakan 10 perangkap total.
Selama penelitian ditemukan 3 jenis mamalia kecil, terdiri dari 2 ordo, yaitu ordo Scadentia yang diwakili oleh famili Tupaiidae, dan ordo Rodentia yang diwakili oleh famili Muridae. Jenis dari famili Tupaiidae yang tertangkap terdiri dari 2 jenis yaitu Tupaia picta dan Tupaia minor, sedangkan dari famili Muridae terdapat satu jenis yaitu Rattus tiomanicus. Keberhasilan penangkapan mamalia kecil adalah 13,33%. Dari keberhasilan penangkapan tersebut, jenis yang sering ditemukan adalah Tupaia picta, dimana proporsi kehadiran jenis ini mencapai 68,75% dari seluruh kehadiran jenis yang ditemukan.
Ketiga jenis mamalia kecil yang hadir merupakan jenis yang pertama sekali hadir (founder species) di areal reklamasi-rehabilitasi bersamaan dengan mulai tertutupnya areal dengan cover crop yang ditanam dan rumput-rumputan serta semak belukar pionir yang tumbuh secara alami. Kelimpahan founder species cenderung menurun seiring dengan semakin bertambahnya umur areal reklamasi-rehabilitasi.
Kata kunci: mamalia kecil, areal reklamasi-rehabilitasi, arboretum, founder species.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEHADIRAN JENIS MAMALIA KECIL DI ARBORETUM PT MULTI HARAPAN UTAMA DESA JONGGON KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang Redicson Hasibuan - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RED k 2021
Subyek Katakunci: mamalia kecil, areal reklamasi-rehabili
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan Kehutanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua