Detail Cantuman Kembali
Nur Isnaniah Justika - Personal Name

Analisis Finansial Usaha Pengolahan Manisan Rumput Laut di Kelurahan Bontang Kuala Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang

Nur Isnaniah Justika, 2021. Analisis Finansial Usaha Pengolahan Manisan Rumput Laut di Kelurahan Bontang Kuala Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang (Dibimbing oleh Bambang I. Gunawan dan Muhammad Syafril).
Bontang Kuala merupakan Kelurahan yang berada wilayah Kecamatan Bontang Utara. Bontang Kuala lebih dikenal sebagai perkampungan di atas air, dan terdapat bagian wilayah dari kelurahan yang berbatasan langsung dengan laut. Produk perikanan yang banyak diolah oleh masyarakat di Bontang Kuala yaitu manisan rumput laut. Manisan rumput laut merupakan produk olahan yang berbahan dasar rumput laut yang dibudidayakan dan kemudian diolah menjadi manisan rumput laut oleh masyarakat Bontang Kuala. Tujuan penelitian ini untuk Mengukur kelayakan finansial usaha pengolahan manisan rumput laut berdasarkan komponen kriteria investasi dan mengukur tingkat kepekaan usaha pengolahan manisan rumput laut terhadap perubahan aspek finansial. Pengambilan sampel menggunakan metode Puposive Sampling yaitu sebanyak 10 orang pengolah manisan rumput laut di Kelurahan Bontang Kuala. Analisis data menggunakan metode analisis finansial dan analisis kepekaan (Sensitivity Analysis). Hasil penelitian menunjukkan usaha pengolahan manisan rumput laut di Kelurahan Bontang Kuala secara finansial layak dan prospektif untuk terus dijalankan berdasarkan hasil analisis finansial diperoleh hasil NPV (Net Present Value) sebesar Rp. 38.557.209, IRR (Internal Rate of Return) sebesar 18%, Net Benefit Cost Ratio 1,3 kali dan Payback Period selama 5,96 tahun (71,463 bulan), dan hasil analisis kepekaan (analisis sensitivitas), menunjukkan bahwa usaha pengolahan manisan rumput laut di Kelurahan Bontang Kuala, peka terhadap perubahan kondisi ekonomi pada Biaya Operasioanal dan Pemelihaan Naik 20%, Produksi Turun 15%, Biaya Operasional dan Pemelihaan Naik 10% Harga Turun, Harga Turun Rp. 8.500 dan Biaya Operasional dan Pemeliharaan Naik 5% Produksi Turun 5%.

Kata Kunci : Manisan Rumput Laut, Analisis Finansial, Analisis Kepekaan (Analisis Sensitivitas),

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Finansial Usaha Pengolahan Manisan Rumput Laut di Kelurahan Bontang Kuala Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang
Pengarang Nur Isnaniah Justika - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR a 2021
Subyek Manisan Rumput Laut,
Analisis Finansial,
Analisis Kepekaan (Analisis Sensitivitas).
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit
Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua