Detail Cantuman Kembali
Yullyana Nuka Botung - Personal Name

Perbandingan Novel "Hujan Bulan Juni " Karya Sapardi Djoko Damono dan Film "Hujan Bulan Juni" Sutradara Reni Nurcahyo H.S.

Nuka Botung, Yullyana. 2021. Perbandingan Novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dan Film Hujan Bulan Juni Sutradara Reni Nurcahyo H.S. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Mulawarman. Pembimbing 1: Dahri D., S.S., M.Hum; Pembimbing II: Irma Surrayya Hanum, S.S., M.Pd.
Kata kunci : Fakta Cerita, Film, Novel, Perbandingan

Penelitian dengan judul Perbandingan Novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dan Film Hujan Bulan Juni Sutradara Reni Nurcahyo H.S. berfokus pada masalah pertama yaitu perbandingan mengenai persamaan dan perbedaan novel “Hujan Bulan Juni” dan film “Hujan Bulan Juni” melalui perbandingan alur, tokoh, dan latar dalam cerita Novel dan Film. Kemudian masalah kedua yaitu analisis ekranisasi melalui aspek penciutan, penambahan, dan perubahan variasi dari novel menjadi film.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kata dan kalimat dalam novel serta dialog antar tokoh yang ditranskripsikan dalam bentuk teks. Sumber data yang digunakan adalah Novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dan Film Hujan Bulan Juni sutradara Reni Nurcahyo H.S. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik baca dan catat. Data yang diproleh dianalisis dengan metode hermeneutika serta langkah reduksi data, penyajian data, dan menarik simpulan.
Hasil penelitian menujukkan novel dan film memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaannya yaitu: Pertama, alur cerita keduanya adalah alur campuran. Bagian kedua,tokoh utama dalam novel dan film memiliki persamaan. Bagian ketiga, latar cerita yang menjadi sorotan utama dalam novel dan film memiliki persamaan yaitu Yogyakarta, Jakarta, Manado, Gorontalo, Solo, dan Jepang berdasarkan latar tempat. Sedangkan perbedaannya yaitu: Pertama, pada bagian akhir cerita novel (sad ending) dan film (happy ending). Bagian kedua, pada tokoh novel dan film berbeda yaitu pada peran tokoh tambahan digantikan dalam film. Bagian ketiga, pada latar sosial atau budaya yaitu budaya Jawa, budaya Manado. Dengan sumber data yang berbeda, novel dan film (telah ditranskrip menjadi dialog film) maka penelitian menggunakan ekranisasi yaitu: Aspek penciutan dalam novel ke film terjadi karena adanya perubahan media sehingga mengharuskan pembatasan durasi untuk film maka dilakukan pemotongan cerita. Kemudian penambahan dalam novel ke film terjadi karena beberapa cerita perlu ditambahkan agar cerita tetap relevan menurut sutradara. Terakhir aspek perubahan dalam novel ke film yaitu adanya proses transformasi yang menyebabkan gaya penceritaan, ranah ide cerita yang dikurangi dan ditambah sehingga cerita mengalami perubahan variasi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Perbandingan Novel "Hujan Bulan Juni " Karya Sapardi Djoko Damono dan Film "Hujan Bulan Juni" Sutradara Reni Nurcahyo H.S.
Pengarang Yullyana Nuka Botung - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YUL p 2021
Subyek Fakta Cerita, Film, Novel, Perbandingan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua