Detail Cantuman Kembali
Melysah - Personal Name

Peranan wanita pada usaha pengolahan ikan asap di Kelurahan Manggar Baru Kecamatan Balikpapan Timur Kota Balikpapan

Melysah,2021. Peranan Wanita Pada Usaha Pengolahan Ikan Asap di Kelurahan Manggar Baru Kecamatan Balikpapan Timur Kota Balikpapan. ( dibimbing oleh : Qoriah Saleha dan Muhammad Syafril )

Tujuan penelitian adalah mengetahui motivasi wanita untuk berkerja, menganalisis peranan wanita pada pengambilan keputusan dan menganalisis besar kontribusi pendapatan wanita terhadap pendapatan keluarga pada usaha pengolahan ikan asap. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan. Sampel yang di gunakan adalah pengolahan ikan asap yang berada di Kelurahan Manggar Baru berjumlah 6 pengolah,Metode pengambilan sampel yang di gunakan adalah metode sensus. Metode analisis data yang di gunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis pendapatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi wanita dibagi menjadi 2 yaitu faktor pendorong internal ; istri memilih untuk berkerja karena didasari oleh keputusan yang muncul akibat adanya keinginan diri sendiri yang tidak terpenuhi dan faktor pendorong eksternal ; keluarga bersifat saling mendukung dan membantu dalam kegiatan pengolahan. Peranan wanita pada proses produksi sebesar (100%), peran suami dalam membeli bahan baku sebesar (33%) dan peran suami istri dalam penguatan modal sebesar (33%). Peranan wanita pada pengambilan keputusan bekerja pada usaha pengolahan mulai dari investasi / modal usaha perikanan, pengelolaan usaha pengolahan sampai pemasaran hasil perikanan pengambilan keputusan istri lebih besar (67%). Kontribusi pendapatan wanita dalam membantu meningkatkan pendapatan keluarga tergolong tinggi dengan rata – rata sebesar (80%)

Kata Kunci : Pengolah Ikan Asap, Peran Wanita, Motivasi, Pengambilan Keputusan, Kontribusi Pendapatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peranan wanita pada usaha pengolahan ikan asap di Kelurahan Manggar Baru Kecamatan Balikpapan Timur Kota Balikpapan
Pengarang Melysah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MEL p 2021
Subyek Pengolah Ikan Asap, Peran Wanita, Motivasi,
Pengambilan Keputusan, Kontribusi Pendapatan.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit
Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua